Virus Cloud Disebar, UNBK Terganggu

Media Apakabar.com
Rabu, 03 April 2019 - 15:25
kali dibaca
Virus Cloud Disebar, UNBK Terganggu
 Kepala Sekolah SMAN 4 Medan Drs. Ramli.
Mediaapakabar.com-Pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 4 Medan,  berlangsung tidak lancar. Server  yang digunakan terkena virus, sehingga banyak siswa yang gagal menyelesaikan UNBK.

Pantauan wartawan di hari kedua pada Selasa (2/4/2019) 535 siswa SMAN 4 ujian kembali dengan lancar tanpa halangan. " Virus cloud berjenis trozen," kata Duta ahli IT dari Dinas Pendidikan Sumut yang sengaja datang untuk menjaga “kesembuhan” server di SMAN 4, telah KO.“Sampai saat ini tak ada masalah lagi."

Akibat kerusakan server karena virus cloud itu, Kepala Sekolah SMAN 4 Medan Ramli menjadi repot, karena harus menerima tamu terus menerus. " Dari pagi, pak Ramli demikian panggilannya sudah didatangi TVRI Medan, tak lama kemudian Kompas TV."

Masih di waktu yang sama, datang perwakilan Ombusman Sumut, lagi -lagi Ramli harus menjawab setiap pertanyaan Ombusman. Untung ada pihak Disdiksu yang membantu memberi keterangan apa sebenarnya yang terjadi.

Ombusman Cabang Sumut sudah kelar, datang lagi media elektronik dari CNN dan Trans TV. " Ampun repotnya Pak Ramli hari ini. Apakah ada lagi tamu Pak Ramli, setelah kami wartawan unit Disdiksu pergi? Mungkin saja, sabar ya pak."

Terpisah, Kepala Sekolah SMAN 12 Jasmen Tampubolon sempat sport jantung, ketika mendapat laporan dari proktornya, komputer ada sedikit masalah. Hingga dia benar-benar konsentrasi dan tak mau diganggu siapa pun.

Kepala Sekolah SMA 12 Jasmen Tampubolon ketika benar-benar dinyatakan tak ada masalah semua jaringan dapat berjalan lancar, baru Jasmen Tampubolon bersedia menerima tamu.

“Maaf, saya tak dapat menemui kalian tadi, ada sedikit masalah. Kalau tak segera cepat diselesaikan bisa menjadi masalah. Ini saja masalah kita nantinya,” ucap Jasmen pada wartawan yang berkunjung ke sekolahnya.

Sebanyak 346 siswa kelas III SMAN 12 Medan dapat UNBK dengan lancar, meski ada 1 siswi yang tak bisa mengikuti  UN karena harus di opname di rumah sakit karena menderita sakit paru. " Jika sembuh, Senin depan dia akan ujian susulan."

Tak berbeda dengan siswa SMAN 4 Medan, ada 1 siswi juga yang batal ujian pada sesi 1 kemarin, akan ujian susulan, Senin depan. (abi)

Share:
Komentar

Berita Terkini