|

'Warning' Gelombang Tinggi Di Perairan Barat Sumut-Aceh

Kali Dibaca
Gambar Ilustrasi Gelombang Tinggi hingga 2 meter.Doc:apakabar/abi
Mediaapakabar.com-Pihak Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan mengeluarkan warning potensi gelombang tinggi untuk wilayah perairan Barat Sumatera Utara (Sumut) dan juga Aceh.

Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I Syahnan menyampaikan hal itu. Khususnya di perairan Kepulauan Nias-Sibolga, Samudera Hindia Barat dan Samudera Hindia Barat Nias, Perairan Barat Aceh, perairan Banda Aceh-Sabang, serta perairan Utara Sabang hingga tanggal 4 Februari mendatang.

“Gelombang tinggi ini diperkirakan mencapai 1.5 hingga 2 meter,” kata Syahnan pada Sabtu (2/2/2019).

Sementara itu, Syahnan memaparkan, untuk wilayah perairan lain, yakni Selat Malaka Bagian Utara, gelombang laut yang terjadi diprediksi berkisar antara ketinggian 0.5-1.5 meter, lalu Perairan Lhokseumawe 0.5-0.8 meter, begitu juga Selat Malaka Bagian Tengah 0.5-0.75 meter serta perairan Riau 0.5-0.7 meter.

“Sedangkan untuk kecepatan angin, rata-rata berkisar antara 2 sampai 20 knot” jelasnya.

Namun, menurutnya, prakiraan  gelombang laut yang diprediksi tersebut, belum mencakup gelombang maksimum yang kemungkinan masih dapat terjadi. 

Bahkan untuk gelombang maksimum, sebutnya bisa mencapai dua kali lipat lebih tinggi dari prediksi yang sudah dilakukan.

“Sebagai catatan, gelombang maksimum dapat mencapai dua kali tinggi gelombang dari yang sudah kita sampaikan,” pungkasnya. (abi)
Komentar

Berita Terkini