MHQ Merupakan Pembinaan Hafizh Berprestasi Di Sumut

Media Apakabar.com
Selasa, 11 Desember 2018 - 15:00
kali dibaca
Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) Antar Lintas Lembaga Pendidikan se Sumut Tingkat SD/MIN, SMP/MTs  (sederjat) di Aula Kampus Universitas Al Washliyah (UNIVA) Jalan Sisingamangaraja Medan pada Senin (10/12/2018).foto:apakabar/joel

Mediaapakabar.com-Wakil Ketua Tim PKK Sumut menyampaikan apresiasi atas terlaksananya Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) Antar Lintas Lembaga Pendidikan se Sumut Tingkat SD/MIN, SMP/MTs  (sederjat) di Aula Kampus Universitas Al Washliyah (UNIVA) Jalan Sisingamangaraja Medan pada Senin (10/12/2018).

“Saya menyampaikan apresiasi atas ide pelaksanaan MHQ, karena kegiatan ini merupakan wujud nyata untuk melakukan pembinaan dan pengembangan hafizh dan hafizah berprestasi di Sumut. Selain itu, pembinaan hafiz dan hafizah memang harus dimulai sejak dini, saat anak kita masih miliki daya ingat yang kuat,” ujar Sri Ayu, saat membuka MHQ.

Sri Ayu menilai kegiatan seperti ini harus dilaksanakan secara berkelanjutan, terutama mengingat pada MTQ Nasional ke XXVII 2018 di Sumut yang lalu, kafilah Sumut berhasil meningkatkan prestasi. Yakni meraih peringkat 3 besar nasional.

“Prestasi tersebut jadi pemacu semangat bagi kita untuk terus melakukan pembinaan dan pelatihan. Mempersiapkan bibit yang mampu menjadi duta Sumut pada MTQ berikutnya, baik di tingkat nasional maupun internasional,” ucapnya.

Pembukaan MHQ Antar Lintas Lembaga Pendidikan se Sumut itu ditandai sirene oleh Sri Ayu Mihari. Pada kesempatan itu, juga dilakukan pelantikan dewan pengawas dan dewan hakim MHQ.

Kakanwil Kemenag Provinsi Sumut H Iwan Zulhami, MHQ ini merupakan kegiatan pertama di Sumut. “Harapannya, kegiatan ini jadi cikal bakal tumbuhnya para hafiz dan hafizah yang dipersiapkan pada perhelatan akbar MTQ Nasional XXVIII pada 2020 di Sumatera Barat,” ujarnya.

Penyelenggaraan MHQ kata Iwan, bisa menjadi syiar Islam dan barometer untuk mengukur hasil atau outcome kegiatan pembelajaran Al Quran di masyarakat, melalui lembaga pendidikan SM/MI, SMP/MTs dan seterusnya di Sumut.

H Muhammad Din selaku Ketua Panitia sekaligus Kepala Bagian Agama Biro Binsos dan Kemasyarakatan Setdaprovsu menyampaikan bahwa MHQ berlangsung sejak 10 hingga 13 Desember 2018. Tujuan acara sebagai upaya Talent Scouting atau mencari bibit unggul calon hafiz dan hafizah Sumut masa depan.

Adapun cabang yang dilombakan yakni tahfizh untuk golongan putra dan putri 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz. Serta tilawah untuk 1 juz dan 5 juz. “Total peserta MHQ ini yakni sebanyak 82 orang dan berasal dari berbagai sekolah di kabupaten/kota di Sumut,” jelasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua LPTQ Sumut Asren Nasution dan pengurus, Kepala Kementerian Agama Kota Medan H Al Ahyu, Rektor Kampus Univa Medan H Jamiluddin Marpaung dan civitas akademik Univa, para panitia MHQ dan peserta. (**/joel)
Share:
Komentar

Berita Terkini