Warga Berastepu Geruduk Kantor Bupati Karo

| Kamis, 05 Juli 2018 | 23.18 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Warga saat berada di ruang rapat Kantor Bupati Karo
Mediaapakabar.com--Ratusan warga Desa Berastepu Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo geruduk Kantor Bupati Karo pada Kamis ( 05/07 ) pukul 09.30 WIB dengan titik kumpul di depan makam Pahlawan Jalan Veteran Kabanjahe pada pukul 08.00 WIB. Warga di dampingi Muspika Kecamatan Simpang Empat untuk bertemu Pemkab Karo dengan dinas terkait untuk menyampaikan aspirasi warga Desa Berastepu.   

Ratusan warga Desa Berastepu yang di dampingi oleh Muspika di sambut baik oleh Wakil Bupati Karo Cory Sebayang,  Kalak BPBD Martin Sitepu,  Sekda Kab Karo Kamperas Terkelin Purba,  Asisten 1 Drs Suang Karo Karo, Kadis PU Ir Paten Purba,  Kadis Pendidikan Dr Eddi Surianta Surbakti MPd di Ruang Rapat Kantor Bupati Karo. 

Kepala Desa Gomok Sitepu mewakili warga di ruangan rapat Bupati menyampaikan tuntutan mereka ada 3 poin, ( 1 ) di hamparan Nangbelawan, sewa rumah, pembangunan fasilitas umum jalan, sepiteng, listrik dan air bersih, ( 2 ) Jatah Hidup ( Jadup ), ( 3 ) Sewa rumah selama 2 tahun di depan Pihak Pemkab Karo dinas terkait, ujarnya. 

Kalak BPBD Ir Martin Sitepu untuk Sewa Rumah kita sudah usulkan katanya sambil menunjukkan surat usulan di depan warga, kita tidak bisa asal memberikan karena penentus dan yang punya dana bukan kita tapi semua punya aturan kita tetap perjuangkan ujar Martin. 

Tapi bagi yang sudah menempati rumahnya yang sudah selesai tidak dapat lagi namun ini masalah waktu kami tidak bisa berjanji, karena tugas kami hanya mengusulkan keputusan ada di tangan mereka kata Martin. 

Dan untuk masalah Jadup, Sekertaris Dinas Sosial Josef Bangun mengatakan, Jadup  sudah tidak ada masalah,  sekarang tinggal masyarakatnya. kami minta masyarakat Berastepu bentuk kelompok aron secepatnya dan tiap kelompok buka rekening, setelah selesai semua lapor langsung ke Dinas Sosial agar kami lapor ke Kementrian, setelah laporan sampai maka nanti uang jadup langsung masuk ke rekening kelompok masing masing,  jadi sekarang tinggal warga bila ingin cepat masuk cepat lah selesaikan persyaratannya ujar Josef Saat di temui wartawan usai Pertemuan.

Titra Yasa Sembiring  salah satu Tokoh masyarakat menyampaikan untuk keputusan sewa rumah dan fasilitas hamparan desa Berastepu yang berada di desa Nangbelawan Kecamatan Simpang Empat menanyakan kepada Wakil Bupati dan Dinas terkait yang ada di dalam rapat, bagaimana biar saya sampaikan ke warga saudara saya ini,  agar kami tau mengambil langkah selanjutnya katanya di ruang rapat saat suasana sedikit ricuh,?

Warga yang ikut penyampaian tuntutan di Ruang rapat Bupati menyampaikan tolong lah kami kemana kami harus tinggal,  yang punya rumah sudah mengusir kami karena tidak bayar uang sewa rumah katanya sedih di hadapan Pemkab Karo. . 

Selaku Asisten 1 Bupati Karo Suang Karo karo menyampaikan,  setelah saya mendengar pembicaraan ini, saya menilai tidak ada yang ditutup - tutupi,  Kepala desa dan warga,  Camat Simpang Empat,  sudah sangat berusaha memperjuangkan hak rakyatnya dan begitu juga pihak BPBD juga saya lihat sudah sangat terbuka,  maka mari kita ikuti proses dan aturan pemerintah ungkapnya. 

Sementara Wakil Bupati Karo Cory Sebayang mengatakan, kami pihak Pemerintah daerah sangat peduli terhadap masyarakat, tapi kita harus mengikuti proses,  dan aturan,  maka kami meminta agar ada kerja sama yang baik antara kita, yaitu pihak pemerintah dan warga,  kita harus saling percaya ujarnya. 

Percaya lah bahwa pemerintah bekerja keras dan bukan main main, saat ini Bapak Bupati dan beberapa dinas terkait yang berhubungan dengan masalah ini,  saat ini sedang di Jakarta untuk menyampaikan usulan kepada pemerintah pusat, maka nanti hubungi dek Tirta Sembiring selaku perwakilan masyarakat atas perkembangan selanjutnya,  hasil dari pertemuan Bapak Bupati di sana ujar Wakil Bupati kepada warga. 

Sekda Kab Karo Drs Kamperas Terkelin Purba  saat ini sudah kita usulkan,  ke pusat,  bapak Bupati sedang disana kita harap sabar,  dan sabar lah bahwa usul sudah dilakukan kita nunggu jawaban. Untuk penyerahan Jadup kemungkinan Pak Menteri rencana mau kemari  dan langsung menyerahkan bantuan ke pengungsi katanya. 

Tadi juga dalam pertemuan saya sudah tegaskan agar Dinas Sosial memfasilitasi dan kalau sudah selesai,  syarat pasti secepat sudah di cairkan untuk Jadup. sedangkan hal yang menyangkut dana KPP,  agar BPBD segera menyiapkan dokumen program dan setelah selesai menyampaikan kekabag ULP agar di lakukan lelang. Saat ini program belum siap di buat BPBD.  Perencanaan, lagi disusun, maka tadi saya tegaskan segera selesaikan, setelah selasai sampaikan ke Kabag ULP untuk di lelang kata Sekda saat di temui di ruangan nya usai rapat kepada wartawan.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI