Viral Video Diduga Uang Miliaran Berhamburan Laut, Ini Penjelasan Pihak Bank Sulselbar

| Rabu, 04 Juli 2018 | 12.02 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Diduga uang berasal dari KM Lestari Maju. Foto: Facebook
Mediaapakabar.com - Beredar video diduga uang Rp 30 miliar yang diangkut oleh kapal feri KM Lestari Maju yang dikandaskan saat hendak tenggelam di dekat Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018).


Video yang berdurasi 2 menit 17 detik yang beredar, nampak beberapa penumpang KM Lestari Maju mengenakan jaket pelampung terombang-ambing di laut. 
Sementara itu, di sekitar korban tampak serpihan-serpihan kertas berwarna merah yang diduga uang Rp 30 miliar berhamburan di laut.
Belum jelas siapa yang mengambil video tersebut.
Apakah diambil oleh warga ataukah penumpang KM Lestari Maju yang telah berhasil dievakuasi di daratan di Kabupaten Kepulauan Selayar.
Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Polisi Dicky Sondani berhasil dikonfirmasi.
Pihaknya belum bisa memastikan serpihan-sepihan kertas yang berwarna merah tersebut adalah uang Rp 30 miliar.
“Kami belum bisa pastikan itu, apakah sampah atau uang Rp 30 miliar yang dibawa ke Kabupaten Selayar yang berhamburan di laut. Tapi dilihat bentoknya dan warnanya merah-merah, seperti kayak uang pecahan seratus ribuan,” katanya.
Dicky mengungkapkan, sebagian penumpang KM Lestari Maju yang mengangkut 139 orang telah dievakuasi ke daratan. 
Namun sebagian lagi penumpang, masih ada yang belum berhasil dievakuasi dari KM Lestari Maju yang sengaja dikandaskan sebelum tenggelam.
“KM Lestari Maju sebentar lagi akan sandar di dermaga, ya kira-kira sekitar 15 menit atau jaraknya sekitar 200 meter dari dermaga. Makanya sengaja dikandaskan, karena air sudah memenuhi lambung kapal akibat mengalami kebocoran,” tandasnya.


Terkait dengan uang pembayaran gaji ASN Kabupaten Selayar sebesar Rp 30 miliar ikut terbawa di kapal KM Lestari Maju diduga berhamburan di laut pihak bank angkat bicara.

Uang yang diduga tenggelam di perairan Selayar itu akhirnya bisa diselamatkan.

"Sudah berhasil diselamatkan pada dini hari tadi," kata Dir Tresury Bank BPD Sulsel, Yanthi Sultan, saat berbincang dengan detikcom, Rabu (4/7/2018).


Menurut dia, pihak Bank BPBD Sulsel telah menyiapkan dana cadangan yang akan diberangkatkan dari Makassar menuju Selayar untuk membayarkan gaji ASN Kabupaten Selayar.


Uang Rp 30 Miliar yang diselamatkan dari kapal KM Lestari Maju. foto: Detik

Uang tersebut masih dalam keadaan utuh dan tidak rusak karena dilapisi plastik dan dibungkus dengan karung. "Pembayaran gaji ASN tetap berjalan pada hari ini," ungkapnya.

"Karena sudah selamat, jadi tetap pagi ini ASN akan menerima gajinya," kata Yanthi.

Sebelumnya, kapal jenis Ro-ro ini mengangkut gaji ASN dan dana BOS Kabupaten Selayar. Kapal ini kandas dan karam setelah lambung kapal bocor.
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI