Konsulat Jepang Adakan FSG di Yayasan Pemulihan Pasien Narkoba

| Senin, 09 Juli 2018 | 17.30 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto: Ist
Mediaapakabar.com-- Penyelenggaraan Acara ' Japan Day and Family Support Gathering' (FSG) Pusat Perawatan dan Pemulihan Adiksi Narkoba Yayasan Caritas PSE KAM. 

Sebagai peringatan hari jadi yang pertama setelah peresmian 'Proyek Pembangunan Pusat Perawatan dan Pemulihan Adiksi Narkoba di Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatera Utara. pada 7 Juli 2018. 

Bekerjasama dengan Konsulat Jepang sekaligus memberi bantuan Hibah Grassroots Pemerintah Jepang Tahun Anggaran 2016 (diresmikan 2017). Sejak 2015, Presiden Joko Widodo sudah menetapkan Indonesia sebgai 'Darurat Narkoba'. 

Pada 2017 Sumatera Utara berada dalam urutan kedua provinsi terbanyak pengguna narkoba setelah DKI Jakarta. Badan Narkotika Nasional mencatat warga yang menjadi pengguna dan terdampak narkoba di Provinsi Sumatera Utara berjumlah sekitar 350 ribu. 

Atas dasar inilah maka pihak Yayasan Caritas PSE membangun Pusat Rehabilitasi Narkoba dengan dukungan dari Badan Narkotika Nasional dan Kementrian Sosial Republik Indonesia. 

Sebelumnya, yayasan hanya mampu menampung 20 pasien pecandu narkoba dalam satu periode rawat inap (3 bulan) sedangkan pasien yang mendaftar bisa melebihi 20. Yayasan terpaksa menolak beberapa calon pasien karena keterbatasan fasilitas. 

Untuk mengatasi masalah ini, Pusat Perawatan dan Pemulihan Adiksi Narkoba Yayasan Caritas dibangun melalui Bantuan Hibah Grassroots dari Pemerintah Jepang Tahun Anggaran 2016 senilai Rp 1.041.260.000. 

Bantuan ini diberikan kepada Yayasan Caritas dan gedung diresmikan pada l 6 Juli 2017. Setelah menerima bantuan dari Pemerintah Jepang, 

Gedung Pusat Rehabilitasi mempunyai ruangan lebih luas untuk sehingga dapat menampung hingga 60 pasien dalam satu periode perawatan. 

Selama satu tahun, yayasan diperkirakan dapat menampung hingga 240 pasien. Gedung tersebut dilengkapi dengan ruangan konseling dan ruangan pendukung lainya untuk memfasilitasi proses penyembuhan pasien yang sedang diterapi. 

Acara Japan Day diisi dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' kemudian dilanjutkan dengan pemutaran lagu Nasional Jepang “Kimigayo” yang diikuti para hadirin dengan khidmat. Para pasien rehabilitasi atau disebut dengan residen juga turut CONSULATE GENERAL OF JAPAN IN MEDAN Sinar Mas Land Plaza 5th floor Jl. P.Diponegoro No 18 Medan 20152.  (***)

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI