Wali Kota Medan Hadiri Groundbreaking pembangunan PLTS di Kampus HKBP Nomensen

Media Apa Kabar
Kali Dibaca
Foto: Wali Kota Medan Bobby Nasution menghadiri groundbreaking pembangunan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kampus Universitas HKBP Nomensen  (UHN), Jalan Sutomo Medan, Kamis (25/11). 

Mediaapakabar.com
Wali Kota Medan Bobby Nasution menghadiri groundbreaking pembangunan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kampus Universitas HKBP Nomensen (UHN), Jalan Sutomo Medan, Kamis (25/11). Diharapkan Listrik solar panel ini selain bermanfaat bagi Kampus UHN khususnya juga dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Medan.

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di kampus UHN Medan ini dibangun berkapasitas 618 kWp. Selain di Medan Proyek kerjasama UHN, Wika Industri Energi dan PT Sun Energi ini juga dibangun di kampus UHN Pematangsiantar dengan kapasitas 205 kWp.

Dikatakan Bobby Nasution, proyek yang dilakukan UHN ini merupakan langkah yang sangat luar biasa, sebab sudah menggunakan energi baru terbarukan. Seharusnya, Bobby Nasution menilai sebagai kota metropolitan ketiga terbesar di Indonesia sepatutnya pembangunan dan pengaplikasian penggunaan teknologi juga harusnya menjadi nomor tiga di Indonesia.

"Saat ini pengaplikasian penggunaan teknologi sudah diwujudkan oleh UHN melalui solar panel yang dapat menghidupkan aktifitas di kampus. Selain dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Medan, PLTS ini juga menjadi acuan atau tolak ukur bagi  pengembangan energi baru terbarukan di Kota Medan," Kata Bobby Nasution

Menurut Bobby Nasution kedepannya di Kota Medan selain mengembangkan PLTS juga harus ada inovasi untuk menjadikan energi kita menjadi green energi. Artinya banyak potensi yang ada di Kota Medan yang dapat terus dikembangkan khususnya di bidang energi. Tentunya ini merupakan peluang bagi investor untuk masuk berinvestasi ke kota Medan khususnya green energi.

"Kita tengah membuat pemetaan bagian yang baik untuk dilakukan investasi, khususnya green energi. Oleh karenanya ayo bersama bangun kota Medan dengan berinvestasi, sebab Pemko Medan telah mempermudah segala urusan terkait dengan investasi," Jelas Bobby Nasution.

Bobby Nasution menambahkan Pemko Medan juga membutuhkan pemikiran para civitas akademika UHN guna membantu dan mewujudkan program pembangunan Kota Medan. "Saya berkeinginan Pemko Medan dan civitas akademika UHN bersama-sama mensukseskan program di bidang ekonomi ataupun investasi," Ungkap Bobby Nasution sembari mengucapkan terima kasih atas contoh langsung penggunaan teknologi Solar panel di Kota Medan.

Sebelumnya Rektor UHN Medan, Haposan Siallagan, mengatakan Groundbreaking pembangunan PLTS di kampus UHN adalah pembangunan yang ketiga di Indonesia.  Diharapkan selain bermanfaat bagi Kampus, program ini juga dapat bermanfaat bagi pengembangan di bidang riset.

Haposan menambahkan proyek ini juga akan menjadi pusat edukasi juga. "Ini akan menjadi cikal bakal dibukanya nanti program studi energi baru dan terbarukan di Nommensen dan kedepannya juga akan ada Laboratorium Pusat Energi Baru dan Terbarukan di kampus UHN," Jelas Rektor UHN. (Mc/Arf)


Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini