Jokowi Sebut RI Bakal Ekspor Jarum Suntik

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Ilustrasi. (INT)

Mediaapakabar.com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia akan melakukan ekspor jarum suntik dalam waktu dekat. Hal ini seiring dengan rencana pemerintah untuk menyetop ekspor barang mentah.

"Sebentar lagi bisa ekspor jarum suntik," ungkap Jokowi dalam CEO Forum, dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (18/11/2021).


Ia mengatakan jarum suntik merupakan hasil olahan dari stainless steel. Selama ini, Indonesia mengimpor jarum suntik dari beberapa negara.


"Demand (permintaan) dari dunia untuk ini (jarum suntik) US$10 miliar. Indonesia impor banyak sekali tidak tahu berapa juta jarum suntik," terang Jokowi memamerkan.


Namun, pemerintah memutuskan untuk menyetop ekspor stainless steel. Dengan demikian, sejumlah produsen akan membuat jarum suntik di Indonesia.


"Sebentar lagi, Indonesia bisa bikin ini (jarum suntik). Barang itu (stainless steel) kami setop (ekspor). Mau tidak mau orang bikin di sini (Indonesia)," jelas Jokowi.


Ia menambahkan bahwa pemerintah sedang fokus membangun industri hilirisasi di dalam negeri. Dengan begitu, produksi dari awal hingga akhir akan dilakukan di Indonesia.


"Harus optimistis bahwa dengan stop ekspor raw material akan dapat keuntungan buka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya," tutup Jokowi. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini