Karutan Tanjung Gusta Medan Harapkan Restorative Justice Diimplementasikan

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas I Tanjung Gusta Medan Theo Andrianus Purba berharap restorative justice diimplementasikan demi tegaknya keadilan.

Mediaapakabar.com
Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas I Tanjung Gusta Medan Theo Andrianus Purba berharap restorative justice diimplementasikan demi tegaknya keadilan.

Hal tersebut disampaikan Karutan saat menerima silaturahmi Forum Wartawan Hukum Sumatera Utara (Forwakum Sumut), di Pendopo Rutan Tanjung Gusta Medan, Selasa, 05 Oktober 2021.


"Ini kita dalam kondisi abnormal. Jumlah tahanan di masa pandemi Covid-19 terus bertambah. Kita harapkan penegak hukum mengimplementasikan restorative justice, karena tidak semua pelaku kejahatan harus di pidana," kata Theo Andrianus Purba.


Theo mengatakan, sebaiknya rancangan Undang-undang KUHP Nasional di sahkan segera.


"Wujud dari keadilan salah satu di dalam UU KUHP Nasional ada pidana alternatif, seperti dihukum kerja sosial membayar denda dan lain-lain. Jadi artinya tidak semua perkara untuk dimajukan ke pengadilan," tuturnya.


Orang nomor satu di Rutan Tanjung Gusta ini mengaku banyak merasakan suka dan duka selama mendedikasikan dirinya selama 21 tahun 6 bulan bercengkrama dengan warga binaan.


Ia mengutarakan membina orang yang salah dalam menjalani kehidupan harus dengan cinta. Dikatakannya, dengan jumlah warga binaan saat ini 4.300 di Rutan Tanjung Gusta, banyak pemikiran yang harus di mengerti.


Lanjutnya, kita harus memikirkan mulai dari makanan warga binaan, kesehatan jasmani dan rohani.


"Ini semua tanggungjawab kita. Cara menyikapinya ya  harus menyelami karakter mereka. Maka di sini di pelihara burung lovebird, itu ada filosofinya yang menggambarkan cinta. Jadi artinya kita mau menyebarkan cinta di sini," imbuh Theo yang pernah menjabat Kepala Rutan Tebingtinggi.


Theo menyebutkan, bahwa warga binaan merupakan manusia jadi kita selalu berusaha memanusiakan manusia dengan melengkapi kebutuhan mereka. 


Katanya, untuk penyediaan konsumsi menu harian terus kita perhatikan. Yang disediakan dari menu daging lembu, ayam, tempe bacem, ikan asin, telur sampai buah pisang menjadi konsumsi wajib dihidangkan setia harinya.


Kendati demikian, mantan Kepala Rutan Kabanjahe ini menyampaikan masih adanya kekurang dari pelayanan pembinaan yang diberikan ke warga binaan.


Ia mengklaim dalam testimoninya, walau begitu jajaran diwajibkan untuk memberikan pelayanan yang humanis dan proporsional. 


"Jadi saya juga butuh koreksi, untuk mendapatkan masukan dari Forwakum Sumut, untuk kebaikan Rutan Tanjung Gusta, karena saya menganggap Forwakum Sumut ini sebagai saudara," imbuhnya. 


Sembari mengajak awak media berkeliling melihat ruang masak dan menu yang disajikan untuk ribuan warga binaan, Theo yang gemar di bidang otomotif menegaskan protokol kesehatan (Prokes) selalu diterapkan secara ketat.


Rutan saat ini juga membatasi kunjungan keluarga warga binaan, ucap Theo, namun kita menyediakan layanan kunjungan lewat video call dan setiap tahanan diberikan kesempatan untuk berkomunikasi dengan keluarganya.


"Untuk Prokes ketat diterapkan. Mulai dari wajib memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M). Ditambah dengan kujungan dari luar kita tiadakan maka sampai hari ini tidak ada warga binaan yang terpapar Covid," tuturnya mengakhiri.


Sementara itu Ketua Forwakum Sumut Aris Rinaldi Nasution mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kinerja Kepala Rutan Tanjung Gusta Medan.


"Forwakum Sumut secara organisasi menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas capaian kinerja yang diaplikasikan dengan memanusiakan manusia," ucap Aris yang dalam waktu dekat menyelesaikan perkuliahannya dengan disiplin ilmu hukum.


Ditambah lagi, kata Ketua Forwakum, Rutan Tanjung Gusta turud mendukung program pemerintah dalam meminimalisir penyebaran wabah Covid-19.


"Ini suatu capaian yang luar biasa dari ribuan warga binaan tidak ada yang terpapar Covid, semoga kedepan terus berbenah untuk melakukan yang terbaik  dengan pelayanan yang maksimal," pungkasnya. (MC/DAF)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini