Rektor UMSU Berbagi Kiat Pengembangan Usaha Kampus

REDAKSI
Senin, 12 Juli 2021 - 10:02
kali dibaca
Ket Foto : Rektor UMSU Berbagi Kiat Pengembamgan Usaha Kampus.

Mediaapakabar.com
Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Prof. Dr. Agussani, MAP berbagi pengalaman tentang  kiat-kiat  membangun unit usaha dalam mewujudkan kampus mandiri.

"UMSU membangun sejumlah unit usaha dalam upaya untuk mendukung biaya operasional universitas karena  sebagai perguruan tinggi swasta tentu kita harus kreatif dan inovatif dalam rangka pengembangan pendidikan," kata  Prof. Dr. Agussani, MAP saat menjadi narasumber seminar daring  yang digelar Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Sabtu (10/7/2021).


Seminar bertajuk "Best Practices Pengembangan Unit Usaha di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiah diikuti  seluruh pimpinan pengelola unit usaha  PTM dan PTMA seluruh Indonesia. 


Selain Rektor UMSU, tampil sebagai narasumber , Dr. Zamah Sari M.Ag Wakil Rektor II Uhamka, Jakarta, Utik Bidayati SE, MM , Wakil Rektor Bidang Keuangan, Kehartabendaan dan Administrasi Umum Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.


Dijelaskan Rektor UMSU,  unit usaha yang dibangun UMSU mengelola sejumlah sektor usaha dari mulai keuangan, jasa, perkebunan  dan retail (UMSU Mart). Unit usaha ini berada dibawa naungan sebuah lembaga yang diberi nama Lembaga Kesejahteraan Karyawan (LKK) UMSU.


Menurut Rektor, keberadaan unit usaha universitas cukup membantu menopang operasional dan pengembangan pendidikan sehingga tidak tergantung pada satu sumber. Tentunya unit usaha ini dikelola secara profesional oleh sumber daya manusia  yang ada di lingkungan kampus atau fakultas.


"Namun di masa pandemi Covid-19 beberapa unit usaha UMSU ikut terdampak, seperti kantin karena perkuliahan dilaksanakan secara daring," kata Rektor yang didamping Wakil Rektor II, Dr. Akrim, MPd.


Sebelumnya, Wakil Ketua Majelis Dikti Litbang PP  Muhammadiyah Prof. Dr. Chairil Anwar menjelaskan, Webinar pengembangan unit usaha universitas dilaksanakan secara berseri oleh  Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah.  Webinar tidak ganya menghadirkan tokoh-tokoh staupun pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiah yang dinilai berhasil juga  para pengusaha sukses.


"Melalui Webinar ini para narasumber diharapkan bisa berbagi kiat sukses sehingga menjadi inspirasi atau melahirkan ide bagi para peserta sehingga bisa lebih mengembabgkan unit usaha di kampus masing-masing," katanya.


UMSU menjadi salah satu kampus  besar di lingkungan PTM dan PTMA yang dinilai cukup berhasil dalam mengembangkan unit usahanya. Selain itu UMSU merupakan salah satu kampus yang terakreditasi A dan punya Fakultas Kedokteran yang juga terakreditasi A menjadi salah satu kebanggaan sehingga perlu berbagi pengalaman kepada yang lain.


"Sebagai narasumber, selain berhasil sebagai personal dengan meraih gelar Profesor, saya kira Pak Agussani sebagai pimpinan UMSU juga berhasil membangun perguruan tinggi sehingga UMSU berada pada posisi sekarang ini," ujarnya. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini