Hakim Abdul Azis, Anak Kisaran Dipromosi Jadi Ketua Pengadilan Negeri Palembang, Ini Profilnya

REDAKSI
Jumat, 25 Juni 2021 - 23:47
kali dibaca

Ket Foto : Hakim Abdul Azis Dipromosi Jadi Ketua Pengadilan Negeri Palembang.


Mediaapakabar.com
Pengadilan Negeri (PN) Medan menggelar pisah sambut untuk Abdul Azis SH MH yang mendapat promosi menjadi Ketua Pengadilan Negeri Palembang.

Selain pisah sambut terhadap Wakil Ketua Pengadilan Negeri Medan ini, Pengadilan Kelas IA Khusus ini juga menggelar Wisuda Purnabakti dan Pengantar Alih Tugas Hakim, Panitera Muda (Panmud) dan Panitera Pengganti (PP) di Ruang Cakra I. Acara ini berlangsung sederhana dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes), Jumat 25 Juni 2021 sekitar pukul 09.00 WIB.


Selama menjalankan tugas di Pengadilan Negeri Medan, Abdul Azis juga turut merasakan lika-liku menjadi seorang hakim.


"Selama bertugas di Medan, banyak kenangannya. Kalau kita memutuskan suatu perkara, ada aja yang merasa tidak puas. Kalau putusannya bebas, ada yang senang ada yang tidak. Kalau dihukum, terus merasa kecewa," ujarnya.



Ket Foto : Pengadilan Negeri Medan  Kelas I Khusus menggelar Wisuda Purnabakti dan Pengantar Alih Tugas Hakim, Panitera Muda (Panmud) dan Panitera Pengganti (PP) di Ruang Cakra I, Jumat (25/6/2021).


Ia mengatakan, Kota Medan sudah seperti rumah sendiri. Sebelum menduduki jabatan Wakil Ketua PN Medan selama lebih dari 2 tahun, Abdul Azis sudah pernah bertugas di Pengadilan Negeri Medan pada tahun 2015 hingga 2017 lalu.


[cut]


Ket Foto : Hakim Abdul Azis Dipromosi Jadi Ketua Pengadilan Negeri Palembang.

Profil Hakim Abdul Aziz SH MH


Hakim Abdul Aziz lahir di Kisaran, Sumatera Utara. Pria kelahiran 26 Februari 1964 ini merupakan alumni Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan menempuh pascasarjana (S2) di Universitas Andalas.


Dirinya menjadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Medan Kelas 1A Khusus mulai tahun 2018 sampai tahun 2021. Sebelumnya menjadi hakim, pria kelahiran 57 ini merupakan PNS Departemen Kehakiman pada tahun 1991 sampai tahun 1993. 


Lalu, Abdul Azis menjadi Calon Hakim (Cakim) pada tahun 1993 sampai tahun 1996 di Pengadilan Negeri Pontianak. Pada tahun 1996 sampai tahun 1999, Abdul Aziz menjadi Hakim Pengadilan Negeri Putussibau.  


Selanjutnya, pada tahun 1999 sampai tahun 2004, hakim Abdul Azis bertugas di Pengadilan Negeri Singkawang. Selanjutnya  Hakim Pengadilan Negeri Padang dari tahun 2004 sampai 2009.


Setelah lima tahun di Pengadilan Negeri Padang, Abdul Azis diangkat menjadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Blangkejeren mulai tahun 2009 hingga tahun 2012.


Di tahun 2012 Abdul Aziz dipercaya menjadi Ketua Pengadilan Negeri Blangkejeren. Selama 2 tahun menjabat, kemudian Abdul Aziz kembali dipercaya menjadi Ketua Pengadilan Negeri Rangkasbitung selama satu tahun.


Di tahun 2015 sampai tahun 2016, Abdul Azis menjadi Hakim Pengadilan Negeri Medan. Kemudian pada tahun 2016, Abdul Azis menjadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jember sampai tahun 2017.


Setelah itu, pada tahun 2017 sampai tahun 2018, Abdul Azis dipercaya menjabat Ketua Pengadilan Negeri Tasikmalaya.


Pada tahun, 2018 hingga tahun 2021, Abdul Azis kembali ke kampung halaman yakni dipercaya menjabat Wakil Ketua Pengadilan Negeri Medan. 


Setelah 3 tahun mengabdi di Pengadilan Negeri Medan Kelas 1A Khusus, pria kelahiran Kisaran, Sumatera Utara (Sumut)  ini akan menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Palembang Kelas 1A Khusus. 


"Rencana tanggal 29 (Juni) ini, kami berangkat ke Palembang. Semoga kita selalu sehat-sehat dan nantinya menjadi amanah," pungkasnya.


Dalam kesempatan tersebut, Ketua PN Medan, Sutio Jumagi Akhirno mengucapkan terimakasih kepada hakim maupun staf atas pengabdiannya selama ini.


Ket Foto : Hakim Ali Tarigan (kanan) dan hakim Sihol Boang Manalu yang telah memasuki masa purnabakti.

Diantaranya hakim Ali Tarigan, hakim Sihol Boang Manalu, Rosmery Sitinjak, dan Novida Mary yang telah memasuki masa purnabakti.


Lalu, hakim ad hoc yakni Mangaraja Manurung, Parmonangan Siregar, Elias Silalahi, Rodslowny Lumbantobing serta Denny Iskandar.


Ketua PN Medan, Sutio juga menyampaikan selamat bagi hakim maupun pegawai yang bertugas di tempat baru.


"Saya juga menyampaikan selamat kepada pak Abdul Azis, ibu Riana Pohan ke PN Jakarta Timur, ibu Sriwahyuni Batubara dan Morgan Simanjuntak, yang menjadi hakim PN Jakarta Selatan (Jaksel)," ucapnya.


Selain itu, ada juga hakim ad hoc yakni Dian Alifya ke PHI pada PN Banda Aceh, Tirta Winata ke Tipikor PT Maluku Utara serta Yusra menjadi hakim ad hoc Tipikor pada PT Medan.


Sementara itu, Yusman Harefa menjadi PP pada PT Medan, Dormauli Parhusip menjadi panitera di PN Tarutung, Nikson Hutasoit menjadi Panmud Pidana PN Lubuk Pakam dan Barita J.G Manihuruk menjadi Panmud Hukum di PN Lubuk Pakam. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini