-->
    |
Follow Us :

Buka Rakor Operasi Lilin Siginjai 2020, Ini Arahan Kapolda Jambi

Kali Dibaca




Mediaapakabar.com
- Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo secara resmi membuka rapat kordinasi (rakor) lintas sektoral dalam rangka operasi lilin siginjai 2020 di Balai Siginjai Bhayangkara, Mapolda Jambi, Jumat (18/12/2020).

Rakor dihadiri Danrem 042/Gapu, Brigjen Tni Pol Zulkifli, Kabinda Jambi, Brigjen Pol Irawan Davidsyah, Wakapolda Jambi, Brigjen Pol Yudhawan R, perwakilan Forkompinda Jambi, Kepala Bpbd Jambi, Kepala Basarnas, Pimpinan Jasa Raharja, Kabulog Jambi Dan Pejabat Utama Polda Jambi Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan.

Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo dalam amanatnya mengatakan pada kesempatan yang berbahagia ini saya ucapkan terimakasih atas kesediaan dan kehadirannya dalam memenuhi undangan  kami, sebagai wujud cerminan semangat untuk bersinergi dalam memberikan pelayanan kepada  masyarakat di provinsi jambi.

"Saya menyambut baik dengan diadakannya rapat koordinasi ini sebagai wujud implementasi tahap perencanaan dalam proses manajerial, yang dilaksanakan  untuk dapat mengetahui kesiapan pengamanan dalam menghadapi dan mengantisipasi dinamika perkembangan situasi menjelang,  pada  saat dan  pasca  perayaan  natal 2020 dan tahun baru 2021 terutama dimasa pandemi covid-19,” jelas Kapolda Jambi.

Menurut Kapolda Jambi, Peringatan hari natal 2020 dan tahun baru 2021 merupakan agenda rutin tahunan yang identik dengan tradisi masyarakat yaitu mudik ke kampung halaman. Ekses dari tradisi tersebut telah berimbas terhadap berbagai permasalahan terkait stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat, keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas serta berdampak pada timbulnya cluster baru covid-19. 

"Dimana sampai dengan saat ini jumlah masyarakat yang terpapar covid-19 terus meningkat, untuk itu diharapkan kepada seluruh instansi terkait untuk dapat bekerjasama guna mningkatkan pendisiplinan terhadap protokol kesehatan,” terang jenderal bintang dua ini dipundaknya.

Selanjutnya Alumni Akpol 1993 ini mengungkapkan Adapun permasalahan lain yang perlu mendapat perhatian dan antisipasi seperti terganggunya pendistribusian bahan bakar minyak, kenaikan harga  sembako,  sweeping   tempat   hiburan, kasus teror terhadap petugas polri dan masyarakat, tawuran antar Kelompok pemuda / masyarakat, meningkatnya angka kriminalitas khususnya curat, curas dan curanmor.

Sedangkan dibidang lalu lintas, diprediksi masih   akan   terjadi pergerakan pemudik secara masif yang dapat mengakibatkan terjadinya kemacetan dan kecelakaan dengan tingkat  fatalitas  yang  tinggi.  Beberapa  hal yang  menyebabkan  terjadinya   kemacetan, antara  lain  kondisi badan jalan dan jembatan yang masih rusak, adanya jalan yang menyempit (bottle neck), tanjakan tinggi, turunan dan tikungan yang  tajam, volume arus kendaraan yang tidak seimbang dengan infrastruktur yang tersedia, pertemuan arus lalu lintas dua arah atau lebih serta kurang disiplinnya para pengguna jalan dalam berkendara.

Selanjutnya perlu kita waspadai juga perubahan cuaca saat ini yang sedang memasuki musim penghujan dengan  intensitas curah hujan yang masih  cukup  tinggi.  Hal  ini akan dapat menimbulkan kerusakan pada jalan yang akan dilewati para pemudik serta kemungkinan  terjadinya  bencana  alam  baik tanah longsor maupun banjir yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat.

“ Saya harapkan dalam pelaksanaan operasi lilin 2020 ini, jumlah kejadian tersebut dapat diminimalisir terutama kecelakaan lalu lintas. Dengan tetap mengedepankan upaya preemtif dan preventif serta sinergitas dari instansi terkait,” kata Kapolda Jambi.

Sementara itu, kepada personel  yang nantinya akan bertugas dilapangan agar diperhatikan Jalur jalan yang paling  tinggi  terjadi  angka kecelakaan adalah jalur utama. Hal ini terjadi karena kepadatan arus terpusat  di  jalur  utama dan Jenis kendaraan yang paling banyak mengalami kecelakaan lalu lintas pada tahun  lalu  adalah  sepeda  motor  dan mobil penumpang.

“Hal ini disebabkan oleh kelalaian manusia yang kurang disiplin dalam berkendara, kondisi geografis beberapa wilayah yang rawan terjadinya kecelakaan, kondisi kelaikan, Kendaraan bermotor yang digunakan serta sarana dan infrastruktur jalan yang rusak atau belum memadai,” terang Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

Mencermati berbagai permasalahan pada saat pengamanan perayaan natal dan tahun baru serta pilkada serentak pada masa pandemi covid-19, saya yakin dan percaya, rekan–rekan semua menyadari betapa beratnya tugas yang harus kita emban dalam rangka melakukan pengamanan terhadap kegiatan tersebut. 

Kerja keras, dedikasi serta pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran akan sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas, guna mengatasi potensi kerawanan yang ada agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat meresahkan masyarakat. Oleh karena itu, saya harapkan melalui pelaksanaan rakor ini dapat dirumuskan cara bertindak yang inovatif, efektif  dan  efisien  serta langkah penanganan yang solutif dan komprehensif, dengan melibatkan instansiterkait  dan  seluruh  komponen  masyarakat  agar keseluruhan rangkaian pengamanan kegiatan  tersebut  dapat   berjalan   dengan aman, lancar, sesuai dengan harapan masyarakat.

Diakhir amanatnya, Kapolda Jambi memberikan penekanan kepada  seluruh   peserta   rakor untuk diperhatikan dan dilaksanakan, yaitu:
1. Serap semua informasi dan pengetahuan yang  disampaikan  oleh  narasumber, agar dapat menjadi input dalam menyusun dan memformulasikan strategi dan cara bertindak yang tepat guna mengantipasi hakekat ancaman dan karakteristik kerawanan di provinsi jambi;

2. Intensifkan koordinasi lintas sektoral dengan instansiterkait dan seluruh komponen masyarakat, guna membahas dan mencari solusi permasalahan yang belum terselesaikan;

3. Siapkan langkah - langkah strategis dan antisipatif yang akan dilaksanakan, dengan harapan  polri  beserta  jajaran   dan instansi terkait lainnya dapat mengeliminir setiap gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas yang mungkin timbul, secara cepat, tepat dan tuntas;

4. Materi dan informasi yang  nantinya rekan-rekan dapatkan dalam  rakor  ini  agar  dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan kegiatan.

“Akhirnya dengan mengucap bismillahirohmanirohim,  rapat  koordinasi  lintas sektoral dalam rangka pengamanan operasi lilin 2020,  “secara resmi saya nyatakan dibuka,” tutup Kapolda Jambi.(rel/dn)
Komentar

Berita Terkini