Warga Keluhkan Kondisi Jalan Vetran Berastagi Dikuasai PKL

armen
Kamis, 12 November 2020 - 17:37
kali dibaca




Mediaapakabar.com
-Jalan Vetran Berastagi atau yang biasa disebut Jalan Jamin Ginting yang merupakan  icon Kota Berastagi Kabupaten Karo kondisinya sangat memprihatikan.  Pasalnya, selain semrawut dan berantakan saat ini pedistriannya dikuasai oleh pedagang kaki lima dan parkir liar .

Padahal di kawasan tersebut merupakan kawasan kuliner yang banyak diminati warga masyarakat baik tamu lokal maupun tamu wisata dari Kota Medan maupun daerah lainya . Untuk itu warga minta aparat terutama Satpol PP Kabupaten Karo segera turun menertibkannya. 

"Maraknya pedagang kali lima ini kenapa tidak ditertibkan Satpol PP.  Begitu pula parkir liarnya  inikan kawasan kebanggaan warga Kabupaten Karo kususnya warga Berastagi kenapa dibiarkan seperti ini? "kata Ferdi, 45, salah seorang warga,  Kamis 12/11/2020 .

Menurutnya, lokasi parkir di sekitar terminal Berastagi sudah dipenuhi lapak parkir dan pedagang liar tidak ada lagi ruang untuk mobil angkutan parkir dan berjalan kaki di kawasan Jalan Vetran tersebut sangatlah sulit apalagi di hari minggu karena tertutup oleh lapak parkir dan Pedagang Kaki Lima (PKL).

Kondisi seperti ini, kata dia jangan dibiarkan berlarut-larut harusnya ada langkah upaya kajian dari instansi terkait dalam memberikan kenyamanan untuk pejalan kaki. Masa trotoar berubah fungsi sebagai lapak PKL dan parkir liar

"Keberadaan sejumlah Fasilitas Umum (Fasum) juga rusak dan berantakan, tidak terawat seperti tidak ada pemerintahan di sini," tandasnya. 

Sementara itu, Ketua PJTK ( Persadaan Jurnalist Tanah Karo  ) Amry Pelawi menilai , seharusnya instansi Pemerintah mendengar aspirasi keluhan pejalan kaki maupun pengendara yang mau parkir karena hak mereka sudah dirampas. 

"Seharusnya ada hak pejalan kaki, jika hak pejalan kaki hilang. Maka hal itu harus dikaji ulang oleh aparat terkait terutama Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Pasar , Dinas Pariwisata dan Pemerintah Kabupaten Karo " ucap Amry Pelawi. 

Dia juga menilai,  Pemerintah terutama Satpol PP terkesan tutup mata terhadap alih keberadaan fungsi trotoar menjadi lapak PKL dan parkir liar. Untuk itu dirinya minta aparat kembali menata ulang untuk menjawab hak pejalan kaki di kawasan jalan Vetran maupun di Terminal Berastagi  tersebut.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karo Gelora Fajar Purba yang dikonfirmasi mengakui bahwa memang rencana penataan di kawasan tersebut akan ditata kembali.

" Segera kami benahi kembali dan segera saya perintahkan Korlap untuk menertibkan pedagang yang berada di lokasi parkir dan rencananya nanti akan kita patroli setiap hari agar tidak berulang ulang " ucap Kadis Perhubungan Kabupaten Karo Gelora Fajar Purba .

( SS )
Share:
Komentar

Berita Terkini