|
Follow Us :

Ngeri, Di AS, Tiap Satu Menit Ada Satu Kematian Akibat Covid-19

Kali Dibaca



Petugas kesehatan menunggu pasien di tempat pengujian drive-thru Covid-19 di St. Petersburg, Florida, Amerika Serikat 8 Juli 2020. (Foto: CNBC / Octavio Jones)
Mediaapakabar.com-Kematian akibat virus corona (Covid-19) di Amerika Serikat (AS) meningkat pada level tercepat sejak awal Juni 2010. Sebanyak satu orang warga AS meninggal setiap menit akibat Covid-19 pada Rabu (29/7/2020).

Sepanjang Juli 2020, kematian akibat virus corona di AS naik menjadi lebih 25.000. Kasus Covid-19 juga naik berlipat ganda di 19 negara bagian selama Juli, menurut penghitungan Reuters. Hal ini merupakan pukulan terhadap upaya pemerintah membuka kembali ekonomi dengan cepat.

AS mencatat 1,87 juta kasus baru pada bulan Juli, sehingga total infeksi menjadi 4,5 juta, meningkat 69 persen. Kematian pada bulan Juli naik 20 persen menjadi total hampir 154.000.

Peningkatan terbesar pada bulan Juli terjadi di Florida, dengan lebih 310.000 kasus, diikuti California dan Texas masig-masing sekitar 260.000. Kasus di ketiga negara bagian ini naik dua kali lipat dibandingkan Juni.

Kasus meroket lebih dua kali lipat juga terjadi di Alabama, Alaska, Arizona, Arkansas, Georgia, Hawaii, Idaho, Mississippi, Missouri, Montana, Nevada, Oklahoma, Oregon, Carolina Selatan, Tennessee dan Virginia Barat, menurut penghitungan.

Sementara Connecticut, Massachusetts, New Jersey dan New York terjadi peningkatan terendah, dengan kasus naik 8 persen.

AS memecahkan rekor global satu hari ketika melaporkan lebih 77.000 kasus baru pada 16 Juli. Selama Juli, 33 dari 50 negara bagian AS memiliki rekor peningkatan kasus satu hari dan 19 negara bagian mencatat rekor peningkatan kematian dalam 24 jam, menurut penghitungan Reuters.

Setelah peningkatan kasus, wabah tampaknya lebih stabil di Arizona, Florida dan Texas. Pejabat kesehatan saat ini khawatir bahwa pandemi telah bermigrasi ke Midwest seiring perjalanan musim panas.

Dikutip Reuters Minggu (2/8/2020), pakar penyakit menular AS Anthony Fauci dalam kesaksian di hadapan subkomite DPR AS, di Washington, menangkis upaya dari Partai Republik dan Demokrat untuk menariknya ke dalam debat politik sengit tentang penanganan pandemi.

Sementara sebuah imbauan perjalanan mulai berlaku di Chicago pada Jumat (31/7/2020) yang mengharuskan para pelancong dari negara tetangga seperti Wisconsin untuk dikarantina selama 14 hari. Wisconsin bergabung dengan 21 negara bagian lain yang mengalami peningkatan kasus baru. "Wabah Covid-19 tidak dalam kendali yang baik," kata Komisaris Departemen Kesehatan Masyarakat Chicago Allison Arwady di Wisconsin.



Sumber: Reuters
Komentar

Berita Terkini