-->
    |
Follow Us :

Kerusakan dan Longsor Diruas Jalan Provinsi, Bupati Taput Layangkan Permohonan Berbiaya 100 Miliar

Kali Dibaca
Tampak ruas jalan Pangaribuan-Garoga salah satu titik yang diusulkan Bupati Taput kepada Gubsu agar kiranya ditampung pada APBD 2021. 
Mediaapakabar.com-Bupati Nikson Nababan kembali melayangkan surat berupa permohonan penanggulangan kerusakan dan longsor jalan Provinsi ke Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.


Usulan penanggulangan jalan yang rusak dan longsor di wilayah kewenangan Provinsi ke Gubsu berada di tujuh (7) titik dengan anggaran sekitar Rp 100 Miliar.

" Ya , kita sudah buat surat ke Pak Gubernur kiranya agar dianggarkan melalui APBD tahun depan untuk penanggulangan kerusakan dan longsor diruas jalan Provinsi," ujar Bupati Taput Nikson Nababan kepada Mediaapakar.com, Rabu (24/6).

Dalam surat usulan yang ditandatanganinya, Nikson mengatakan anggaran 100 Miliar tersebut untuk menanggulangi jalan rusak dan longsor sepanjang 199,30 Km.

Terdapat tujuh titik yakni jalan simpang empat Hutabarat-Sipahutar ruas 098, Pangaribuan-Garoga-batas Tobasa ruas 096, Silangit-SP III Muara-Muara-Bakkara bts Humbang ruas 099, Simpang Sitanggot-Meat ruas 100, Aek Humbang-bts Tapsel ruas 097, Siborongborong-Sipahutar ruas 094, Sipahutar-Aek Humbang ruas 095.

" Kita harapkan Pak Gubernur mau mengakomodir usulan kita tahun depan," harapnya.

Semakin parahnya kerusakan dan longsoran jalan Provinsi, Bupati Nikson Nababan memaparkan akibat topografi Taput bergelombang dan berbukit dipicu curah hujan yang cukup tinggi sepanjang tahun.

" Selain itu daerah kita masuk daerah jalur gempa berupa patahan Sumatera/Sesar Semangko yaitu patahan Toru sehingga rentan bencana alam longsor, banjir dan gemoa bumi yang memicu kerusakan infrastruktut jalan dan jembatan," ungkapnya.

Jika tidak segera diperbaiki, Nikson mengatakan dapat mengganggu urat nadi perekonomian," Lancarnya transportasi sangat berpengaruh ke perekonomian masyarakat, Saya harap itu akan jadi pertimbangan Beliau," katanya.

Selain itu, dalam usulan itu, Nikson menambahkan butir permohonan yang tahun ini agar secepatnya ditanggapi.

" Saat ini kita butuh perhatian di ruas jalan Pangaribuan-Garoga tepatnya di Aek Tanjung Desa Garoga Sibargot km 30, disana ada kerusakan jalan yang sangat berpotensi mengancam keselamatan pengguna jalan. Saya harapkan Pak Gubernur mau menggelontorkan anggaran pemeliharaan tahun ke ruas jalan itu," pungkasnya. (ganda)


Komentar

Berita Terkini