|
Follow Us :

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat : Walau Sangat Penting, Masker Pelindung Tidak Dianjurkan Untuk Orang-orang Ini

Kali Dibaca

Orang-orang Menggunakan Masker Pelindung/Net

Mediaapakabar.com-Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat melansir dalam CDC Trusted, mengungkapkan masker kain dapat mengurangi penyebaran penyakit Covid-19. 

“CDC merekomendasikan agar orang mengenakan masker untuk menutupi hidung dan mulut mereka saat berada di luar. Ini adalah tindakan kesehatan masyarakat tambahan yang harus dilakukan orang untuk mengurangi penyebaran Covid-19," tulis CDC. 

Para ahli mengingatkan dalam penggunaannya, saat melepaskan masker wajah dari kain, jangan menyentuh hidung, mulut, dan mata Anda. Ahli kesehatan CDC juga tidak menyarankan penggunaan masker kain ini kepada orang-orang yang tidak dapat melepaskan maskernya sendiri. 

“Masker wajah tidak boleh digunakan oleh anak di bawah 2 tahun, orang yang sulit bernapas (mengalami gangguan pernapasan), dan orang yang tidak dapat melepas maskernya sendiri,” tulis CDC dalam keterangannya, melansir Healthline.



Menggunakan masker pelindung hidung dan mulut bukan berarti sebagai pengganti jaga jarak aman dan mencuci tangan. Hal itu harus tetap dilakukan, ditambah dengan menggunakan masker akan menjadi jauh lebih baik lagi sebagai upaya pencegahan penularan.   

Sumber CDCTrusted merekomendasikan petugas kesehatan memakai masker medis ketika bekerja dengan pasien yang menderita flu. Masker itu harus pas dengan wajah, tidak kebesaran atau longgar, menutupi hidung dan mulut, serta gunakan pengikat atau pengait telinga untuk mengamankannya.

 Jika ada seseorang yang mengalami gejala ringan terkait infeksi pernafasan, maka segera diberi masker sementara mereka mengatur proses diisolasi atau karantina. "Jika Anda merasa sakit dan perlu berada di dekat orang lain, mengenakan masker yang tepat dapat melindungi orang-orang di sekitar Anda dari tertular penyakit Anda," tulis CDC. 

Secara keseluruhan, para peneliti menemukan masker menyebabkan pengurangan lebih dari tiga kali lipat dalam jumlah virus yang disemprotkan ke udara. Dengan masker pelindung, setiap orang bisa membantu mengurangi penyebaran virus di sekitarnya.  Ini karena mereka membantu mencegah orang tanpa gejala menularkan virus melalui tetesan pernapasan mereka


Sumber :RMOL.ID

Komentar

Berita Terkini