|
Follow Us :

Garda Terdepan Berantas Corona, IDI Desak Pemerintah Penuhi Kebutuhan Tim Medis

Kali Dibaca



Petugas PMI membawa tulisan Kami Tetap Bekerja Untuk Kalian, Kalian Tetap di Rumah Untuk Kami di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Sabtu 21 Maret 2020. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Mediaapakabar.com-Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mendesak pemerintah segera memenuhi kebutuhan alat pelindung diri (APD) secara lengkap dan terstandar bagi tim medis.

Tim medis merupakan garda terdepan dalam upaya memberantas pandemi virus Corona (COVID-19). Apalagi sudah ada dokter dan tim medis lain yang positif Corona, bahkan meninggal dunia.

“Karena memang kita garda terdepan dalam pelayanan medis sehingga kita selalu menyampaikan kelengkapan alat proteksi diri menjadi prasyarat utama pada saat kita menjalankan tugas ini. Itu yang kita dorong untuk diperhatikan, teman-teman di lapangan banyak yang kekurangan APD,” tutur Wakil Ketua PB IDI Mohamad Adib Khumaidi kepada SINDOnews, Minggu (22/3/2020).

Adib meminta agar pemerintah bisa memenuhi kebutuhan APD bagi dokter, perawat dan tim medis lainnya. Karena, sejak COVID-19 ini mewabah, cukup sulit bagi tim media intuk mencari ataupun membeli karena di pasaran pun langka.

“Iya, karena mencarinya pun susah karena kelangkaan-kelangkaan APD sehingga untuk membeli bisa masalahnya enggak ada,” tutur Adib. 

Dokter Spesialis Bedah Ortopedi ini mengakui PB IDI mendapatkan laporan dari daerah-daerah soal kekurangan APD ini.

Sementara, tim medis bukan hanya dari rumah sakit (RS) rujukan COVID-19, ada klinik dan RS non-rujukan. Mereka juga melakukan kontak dengan pasien yang dicurigai terkena Corona.

“Itu kan harus terstandar pada saat mereka harus melayani, sudah terproteksi. Ini yang pada saat teman di lapangan mencari APD minimal untuk N95, gloves ataupun baju khusus kesulitan,” tuturnya.

Menurut Adib, selama ini para tim medis tidak menggunakan APD secara lengkap. Kondisi ini bukan saja untuk keamanan tim medis, tapi juga pasien, masyarakat dan keluarga di sekitarnya.

Dia menegaskan tim medis merupakan garda terdepan dalam menghadapi Corona ini. “Bukan pengamanan pribadinya dokter tapi keamanan lainnya agar dokter tidak menjadi sumber penyebaran virus juga,” tegasnya.

Dia menambahkan, hal ini sudah disampaikan ke pemerintah berulang kali. Pada rapat Gugus Tugas Corona terakhir, pemerintah menjanjikan akan segera memenuhi kebutuhan itu.

“Yang kemarin di rapat di gugus tugas dan gugus tugas juga menjanjikan bahwa APD ini akan diperhatikan dan pengadaan APD bisa di-support dari Gugus Tugas,” tandasnya.



Sumber : Sindonews.com
Komentar

Berita Terkini