|
Follow Us :

Peduli Kelestarian Lingkungan dan Perekonomian Pesisir,Kapolda Sumut Tanam Pohon Mangrove dan Tebar bibit Kerang

Kali Dibaca




Mediaapakabar.com-Dalam rangka merealisasikan program yang bertema “TNI-Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir, Kapolda Sumut laksanakan penanaman Pohon Mangrove di wilayah Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan. Jumat (21/02/20) bertempat di Palu Pompang, Palu Aliyah dan Palu Hamparan Perak,Jumat (21/02/2020).

Dalam kesempatan ini Kapolda Sumut turut di dampingi Wakapolda Sumut, PJU Polda Sumut, Kapolres Belawan, Kepala BPDASHL Wampu Sei Ular / diwakili Kasubbag TU, Dansattrol Lantamal I Belawan, Senior Vice President Corporate Secretary Pelindo 1, Kelompok Nelayan Maju Bersama, Para Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat yang hadir dan Seluruh Tamu Undangan yang hadir.

Diketahui, Kegiatan penanaman Pohon Mangrove ini di laksanakan serentak di seluruh Polda di Indonesia sebagai bentuk keperdulian Polri terhadap penghijauan pantai dan penguatan ekonomi masyarakat pesisir.

Adapun beberapa kegiatan yang di laksanakan adalah pembagian dan penanaman mangrove, penyerahan kunci bedah rumah kepada masyarakat yakni Radot Simorangkir, pembagian bibit kerang 1 Ton dan pembagian sembako.

Dalam kesempatan ini, Kapolda Sumut terjun langsung ke tanah berlumpur untuk menanam pohon mangrove, Kapolda Sumut mengatakan Hutan Mangrove sangat berfungsi sebagai pagar terdepan menghadapi ombak air laut, kemudian Hutan Mangrove juga berguna sebagai tempat berkembang biak biota laut, lalu sebagai filter untuk menyaring zat kimia yang tidak baik.

"Saya harap masyarakat pesisir pantai untuk tetap menjaga kelestarian Hutan Mangrove, dan terus bersahabat dengan alam, guna memberikan kesehatan bagi kita dan keluarga baik dalam bentuk udara, air, hewan, dan sebagainya" ucap Irjen Pol Martuani.

Kapolda juga berpesan agar masyarakat tidak lagi melakukan pengrusakan terhadap Hutan Mangrove, melainkan harus terus dilestarikan dan juga menghimbau agar Kepala Sekolah yang berada dipesisir pantai melakukan kegiatan positif terhadap murid-muridnya untuk melestarikan Hutan Mangrove.



Di akhir kegiatan ini Kapolda Sumut mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu pembangunan rumah masyarakat pesisir pantai sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat. Kegiatan berjalan lancar dan di akhiri dengan hiburan bernyanyi dan berjoget bersama menghibur masyarakat sekitar.

Sementara itu, Direktur Polairud Polda Sumut Kombes Pol Roy H.M Sihombing selaku panitia pelaksana kegiatan mengatakan,semua intansi beserta masyarakat harus bisa menjaga ekosistem lingkungan, agar kedepannya tetap terjaga dengan baik, dan bisa menjadi turun temurun untuk terus merawat serta menata penghijauan di pesisir pantai.

“Kita himbau masyarakat, generasi muda peduli lingkungan, baik itu penghijauan nanam mangrove atau tebar bibit ikan, tanggung jawab kita bersama, untuk generasi yang lebih baik lagi,” pesannya.

Sedangkan,F.Hariyanto salah seorang warga yang juga pegiat lingkungan di Belawan mengaku sangat kagum terhadap Polri, yang sudah merealisasikan program penanaman pohon mangrove dan melepas benih ikan, untuk mensejahterakan masyarakat, program tersebut sangat baik untuk masyarakat.

Dia mengatakan, bahwa perawatan ekosistem mangrove sangat penting, serta berarti untuk masyarakat yang berada di pesisir pantai atau pun yang lainnya. Karena ia melihat, pohon-pohon bakau bisa menjaga pengikisan pantai saat banjir tiba.

“Bila kita cermati sesungguhnya penanaman bakau dan tebar benih ikan, miliki nilai yang sangat penting terkait masyarakat sekitar, keberadaan hutan bakau yang baik serta terpelihara ekosistemnya, akan terjaga lingkungan pantai,” tandasnya.(dn)
Komentar

Berita Terkini