|

Kadiskes Taput : Virus Corona Belum Terdeteksi di Taput

Kali Dibaca



Teks Poto : Kadis Kesehatan Taput Alex Gultom (Dok)
Mediaapakabar.com-Untuk saat ini, Kabupaten Tapanuli Utara belum terdeteksi  wabah virus corona yang mematikan itu. Namun demikian Pemkab Taput telah mengantisipasi setiap kemungkinan  dampak dari virus tersebut.

" Belum terdeteksi dengan Virus Corona," ujar Kadis Kesehatan (Kadiskes) Taput Alex Gultom kepada sejumlah wartawan usai menggelar rapat tim Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) Taput, Rabu (29/01/2020) di Sopo Partukkoan Tarutung.

Kata Alex, rapat tim yang dihadiri Sekda Taput Indra Simaremare, Assisten I Parsaoran Hutagalung, Dinas Pertanian, BPBD, Satpol PP, seluruh Kepala UPT Puskesmas Taput, kantor kesehatan pelabuhan, RSUD Tarutung,  Bappeda, Polres Taput dan  Kodim 0210/TU  dalam kesimpulan rapat akan membuat posko dititik yang dianggap sangat vital.

Untuk itulah jelas Alex, masyarakat Taput jangan resah dulu dengan virus Corona ini. Ada baiknya, jangan banyak bepergian dulu ke luar daerah.

Saat ini obyek vital kita adalah bandara yang ada kedatangan internasionalnya, salah satunya Bandara Internasional Silangit." Kita fokus disana dengan membuat posko KKM," tegas Alex.

Selain membuat posko KKM di Bandara Silangit, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarutung sudah kita siapkan ruang isolasi sebagai tempat observasi untuk mengantisipasi warga yang sudah terkena virus Corona.

Intinya, saat ini masyarakat dihimbau untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

" Segeralah berobat apabila mengalami demam tinggi, batuk, pilek dan sesak nafas ke RSUD Tarutung atau ke Puskesmas terdekat. Karena kita sudah menjalin kerjasama," imbuhnya.

Tim Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang terdiri dari kantor kesehatan pelabuhan, Polres Taput, Kodim 0210/TU, AP II, Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan dan institusi lainnya yang telah dibentuk, selalu siap siaga untuk mengantisipasi virus corona di Tapanuli Utara.

" Kita juga akan menyurati gereja dan mesjid untuk menghindari kegaduhan masyarakat. Untuk saat ini Taput belum terdeteksi dengan wabah yang mematikan itu. Harapan kita, jangan sampai terdeteksi," harap Alex. (Win)



Komentar

Berita Terkini