|

Bupati Nikson : Perubahan IAKN Tarutung Menjadi UN,Berefek Percepatan Kemajuan Tapanuli

Kali Dibaca
Bupati Nikson : Perubahan IAKN Tarutung Menjadi UN,Berefek Percepatan Kemajuan Tapanuli
Bupati Taput Nikson Nababan menjadi narasumber kegiatan finalisasi penyusunan RIP, Renstra dan Renov IAKN Tarutung 2019.
Mediaapakabar.com-Bupati Nikson Nababan menyakini, perubahan Institut Kristen Agama Negeri ( IAKN) Tarutung menjadi Universitas Negeri (UN) akan berefek domino untuk percepatan kemajuan kawasan Tapanuli raya.

Hal itu disampaikan Nikson Nababan saat  menjadi narasumber dalam acara kegiatan finalisasi penyusunan Rencana Induk Pengembangan, Rencana Strategis dan Rencana Operasional IAKN Tarutung 2019 yang dilaksanakan di Hotel Niagara, Rabu (24/4/2019).

Hadir peserta dari kegiatan tersebut, mewakili pemerintah daerah kawasan Tapanuli raya dan juga para pegawai di IAKN Tarutung.

"Dengan berdirinya universitas negeri di Tapanuli ini, akan memberikan efek domino untuk percepatan kemajuan Tapanuli. Orang akan berdatangan ke Tapanuli, pariwisata akan hidup dan  menyumbang pendapatan daerah. Ekonomi mikro masyarakat, perhotelan dan restoran akan maju. Dan tentunya SDM masyarakat juga akan lebih maju. Minimal anak- anak kita tidak susah payah lagi kuliah ke luar kota, " katanya.

Nikson mencontohkan, salah satu faktor yang mempengaruhi kemajuan daerah Yogyakarta  yang  meningkatkan pendapatan daerah adalah keberadaan universitas seperti UGM dan universitas lainnya. Hal itu, katanya, juga dapat terwujud di Taput dengan berdirinya Universitas Negeri di Tapanuli.

"Maka itu saya minta, dalam usulan peningkatan menjadi Universitas, IAKN dapat ikut ambil bagian. Hal itu akan menjadi terobosan luar biasa dan sejarah akan mencatat bahwa kita  telah meletakkan fondasi membangun SDM dan meningkatkan ekonomi mikro masyarakat," ucapnya.

Ia menambahkan, pendirian Universitas Negeri di Tapanuli juga sejalan dengan program Presiden Jokowi yang akan fokus membangun Sumber Daya Manusia pasa periode kedua kepemimpinannya.

"Mumpung kita diberikan tuhan ada jabatan dan kedudukan, marilah kita bersama sama pikirkan kemajuan tanah batak. Biar lima tahun kedepan tidak peta kemiskinan. Mari IAKN  berikan sumbangan untuk anak cucu melalui berdirinya Universitas Negeri di Tapanuli ini, " katanya.

Hingga berita ini diturunkan, acara kegiatan finalisasi penyusunan RIP, Renstra dan Renov IAKN Tarutung 2019 yang akan dilaksanakan hingga 26 April mendatang masih berjalan dengan agenda  sesi tanya jawab dari peserta kepada narasumber Bupati Taput Nikson Nababan dan yang mewakili Bupati Samosir Rapidin Simbolon. (ganda)

Komentar

Berita Terkini