|

Promosikan Sungai, Bupati Buka Lomba Dayung Sampan

Kali Dibaca
doc/apakabar
Mediaapakabar.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai (Sergai) menyelenggarakan Perlombaan Dayung Sampan Tradisional memperebutkan piala Bupati dan Wakil Bupati Sergai di Perairan Sungai Rampah Kecamatan, Sei Rampah, Sergai pada Sabtu (30/3/2019).

Dihadiri Bupati Soekirman dan Wakil Bupati Darma Wijaya beserta unsur Forkopimda, dan para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD. 
Pembina Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sergai Joni Walker Manik, Camat Sei Rampah Nasaruddin Nasution, Ketua KONI Sergai Siswanto, tokoh agama, tokoh masyarakat, Pengawas dan Kepala Sekolah SD/SMP/SMK serta siswa se-Sergai.
Sudarno, selaku Ketua Penyelenggara mengatakan bahwa Lomba Dayung Sampan Tradisional Tahun 2019 mengambil tema, "Selamatkan Sungai dengan Berolahraga, Tunjukkan Kreatifitas Demi Kemajuan Bangsa".  
Jumlah peserta lomba dayung sampan tradisional untuk kategori pelajar 12 tim dan kategori umum 20 tim dengan total peserta 32 tim.
Tujuan kegiatan adalah sebagai upaya menjaga konsistensi olahraga dan pembinaan atlet dayung di Kabupaten Sergai. 
Yang nantinya muncul bibit-bibit atlet dayung handal dan berprestasi. Selain itu, dengan kegiatan ini menjadi sarana mempromosikan sungai Rampah yang baru dinormalisasi sebagai salah satu potensi wisata air dengan konsep ekonomi kerakyatan. 
Sementara sambutan Pembina PODSI Sergai Joni Walker Manik, untuk memuktikan di sungai Rampah ini event dapat terlaksana dengan baik. 
" Hal ini adalah bukti komitmen dari Kongres Sungai Nasional yang baru-baru ini Bupati dan kami ikuti beberapa waktu lalu." 
Disebutkan, hal ini adalah peran dan kolaborasi kita semua dan mari bersyukur dengan pelaksanaan kegiatan tersebut. 
Diharapkan event ini dimasukkan dalam kalender pariwisata Kabupaten Sergai sebagai bukti dukungan destinasi wisata Sergai. 
" Sungai harus kita jaga dan rawat dengan baik sesuai maklumat Kongres Sungai Nasional bahwa rumah harus menghadap sungai, bukan membelakangi sungai." 
Bupati Soekirman pada sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi sehingga terlaksana kegiatan ini.
Wabup Darma Wijaya menyebutkan, salut dan acungan jempol kepada masyarakat Sei Rampah yang sangat mengutamakan gotong royong. 
Seperti halnya dalam membenahi sungai dan parit yang ada di wilayah ini. " Dan saya yakin masyarakat daerah lainnya di Sergai ini juga akan menjadi seperti yang masyarakat Rampah lakukan." 
Pemenang lomba dayung Kategori Umum, Juara I diraih Tim Sipispis, diurutan kedua Tim Bodrex daan diperingkat ketiga diraih tim Muntos.
Sementara kategori pelajar, Juara I diraih SMKN 1 Sei Rampah B, peringkat kedua SMAN 1 Teluk Mengkudu dan peringkat ketiga SMKN 1 Sei Rampah A.  (willy)
Komentar

Berita Terkini