|

Kunker Ke Siak, Luhut Kagumi Istana Kerjaan

Kali Dibaca
Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Siak pada Rabu (16/1/2019).foto:apakabar/abb
Mediaapakabar.com-Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan mengagumi peningalan Istana Kerajaan Siak. Buktinya saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Siak pada Rabu (16/1/2019).

Setibanya di kota Siak disambut Bupati Siak Syamsuar beserta wakilnya, Alfedri beserta Forkompinda Siak.  Menko Luhut digiring ke dalam Istana Kerajaan Siak beserta rombongan guna melihat dan memperkenalkan bahwa kerajaan Siak ini memang termasyur sejak dahulu.

Kekaguman Luhut Binsar Panjaitan tidak dapat dipendamnya, sebab ia juga pernah tingal di Riau pekanbaru, serta juga pernah melintasi sungai Siak dan melihat hanya sekilas. " Namun hari ini saya berdiri disini dan menyaksikan langsung sunguh sebuah Kerajaan Melayu hebat," kagum Luhut.

Koleksi-koleksi peningalan kerajaan Siak Istana Asserayah Al Hasyimiah ini begitu terasa bahkan seperti Istana Negara Bogor dengan benda-benda khas zaman dahulu seperti Meriam, Pedang, Lampu Kristal Inggris serta Singasana Raja dan Mahkotanya masih terjaga dengan baik.

Ia semakin terpesona dangan salah satu koleksi dalam istana itu pada benda bernama Gromofhon atau lebih dikenal dengan Komet. Koleksi ini merupakan benda langka dan hanya ada 2 di dunia serta koleksi kepingan logam besar ini masih berfungsi dan mengeluarkan suara indah.

Bupati Siak Syamsuar tidak henti dalam mengimpormasikan setiap koleksi di Istana tersebut. Sembari memberitahukan asal usul sejarah bendanya.

Syamsuar juga menyampaikan tentang sumbangan atau hibah harta kerajaan Siak kepada Negara Republik Indonesia pada masa kemerdekaan dan juga perihal Mahkota Kerajaan yang hanya duplikatnya saja sedangkan aslinya berada di Istana Negara Bogor.(Mc/Abb/red)
Komentar

Berita Terkini