1 Januari 2019, W A Tak Bisa Digunakan Lagi

Media Apakabar.com
Sabtu, 05 Januari 2019 - 20:23
kali dibaca
INT
Mediaapakabar.com-Memasuki awal tahun ini (2019) ada sebuah berita mengejutkan, yakni aplikasi chatting favorit digunakan banyak pihak WhatsApp tidak bisa digunakan lagi di beberapa ponsel tertentu.

Dilansir dari Kompas, WhatsApp mengumumkan bahwa mereka hanya akan memberikan dukungan teknis pada smartphone dengan sistem operasi minimum Android 4.0, Windows Phone 8.1, iOS 8, JioPhone dan JioPhone 2.


Secara resmi WhatsApp tidak bisa digunakan pada sederet ponsel Nokia dengan OS Series 40 atau S40 sejak 31 Desember 2018 lalu. Dengan begitu, deretan Nokia OS S40 seperti Asha 501, 210, 301, dan lannya tidak lagi bisa menjalankan aplikasi WhatsApp. 


Bukan hanya tidak bisa menjalankan aplikasi WhatsApp, pelanggan juga tidak bisa memindahkan riwayat percakapan ke platform lain.


“Saat ini tidak ada opsi untuk mentransfer riwayat percakapan antar-platform. Namun kami menyediakan opsi untuk mengeskpor riwayat obrolan Anda menjadi sebuah lampiran pada e-mail,” tulis pihak WhatsApp. 


Selain menghentikan dukungan teknis WhatsApp pada Nokia dengan OS Series 40 atau S40 sejak 31 Desember 2018 lalu, WhatsApp juga akan menghentikan dukungan teknis pada perangkat Android 2.3.7 dan iOS7. 

Namun Parents tak perlu khawatir karena dukungan teknis untuk dua sistem operasi ini baru akan dihentikan pada 2020 mendatang. 

Sebelumnya WhatsApp juga pernah mengeluarkan pengunguman yang sama di akhir 2017 lalu. Ketika itu WhatsApp tidak bisa digunakan pada perangkat Blackberry OS dan Blackberry 10. 

Mulai 1 Januari 2018 lalu, WhatsApp lebih fokus pada platform iOS dan Android.WhatsApp: Aplikasi chatting terbesar mulai muncul dan berkembang di tahun 2009.  

Kini, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan singkat terpopuler di dunia.Menurut laman teknologi Tech Crunch, WhatsApp telah dipakai satu milliar orang setiap harinya dan 1,3 milliar orang tiap bulannya dari seluruh dunia.  

Meski telah memiliki milyaran pengguna, tetapi kenyataannya banyak di antara pengguna WhatsApp yang masih menggunakan sistem operasi ponsel lama. 

Oleh karena itu, keputusan pemberhentian operasi WhatsApp di sistem operasi ponsel lama pun bukan sebuah keputusan yang mudah.  

“Ini adalah keputusan yang sulit untuk kita buat, tapi yang tepat untuk memberi orang cara yang lebih baik untuk tetap berhubungan dengan teman, keluarga dan orang yang dicintai dengan menggunakan WhatsApp,” tutup pengumuman tersebut. (*/dani)


Share:
Komentar

Berita Terkini