Viral Fotonya Ratapi Kepergian Sang Ayah, Bocah Ini Tuai Simpati Hingga Dapat Bantuan Warganet

| Rabu, 19 September 2018 | 10.44 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Seorang bocah di India meratapi jasad sang ayah sebelum dikremasi. Ayahnya ternyata merupakan seorang pekerja saluran pembuangan yang tewas karena tali yang menurunkannya ke dalam saluran terputus. (Twitter/Shiv Sunny via BBC)
Mediaapakabar.com - Sebuah foto yang memperlihatkan bocah laki-laki meratapi kepergian sang ayah untuk selamanya menjadi viral di India.

Para warganet yang tergerak langsung dengan foto itu segera menggelar penggalangan dana via online untuk membantu bocah itu.

BBC mewartakan pada Rabu (18/9/2018), dalam sehari donasi yang terkumpul mencapai lebih dari 3 juta rupee atau sekitar Rp 614 juta.

Foto tersebut juga sudah dibagikan lebih dari 10.000 kali di Twitter. Lalu, apa yang sebenarnya terjadi pada ayah bocah itu?

Anil (27) merupakan seorang pekerja saluran pembuangan di ibu kota. Dia meninggal ketika tali yang menurunkannya ke dalam saluran pembuangan terputus sehingga dia jatuh.

Diperkirakan ada sekitar 100 pekerja seperti Anil yang tewas setiap tahunnya di India.

Serikat pekerja menyalahkan peralatan keamanan sebagai biang keladi tewasnya banyak pekerja saluran pembuangan.

Awalnya, foto diunggah oleh reporter The Hindustan Times, Shiv Sunny, yang mengaku tersentuh oleh tatapan putra Anil yang berusia 11 tahun.

"Saya merupakan reporter kriminal dan saya melihat banyak tragedi. Tapi ini sesuatu yang belum pernah saya saksikan sebelumnya," ucapnya.

Sunny mengambil foto itu beberapa menit sebelum Anil dikremasi. Dia mengatakan, keluarga yang ditinggalkan tidak mampu membayarkan biaya kremasi dan meminta bantuan dari tetangga.

Sepekan sebelumnya, putra Anil yang berusia empat bulan juga meninggal dunia karena menderita par-pari basah.

Selain putranya yang berusia 11 tahun, Anil juga meninggalkan dua anak perempuan berusia 7 tahun dan 3 tahun.

Unggahan Sunny menggerakkan Uday foundation untuk menggalang dana di platform Ketto. Aktor Bollywood bahkan juga tergerak memberikan bantuan kepada keluarga Anil.

Terkait kematian Anil, polisi mengatakan kepada NDTV bahwa penyebab tewasnya pria tersebut karena tali tidak terlalu kuat dan dia tidak mengenakan peralatan pelindung.

"Dengan bantuan banyak orang, keluarga itu memiliki masa depan sekarang," ucap Sunny. (AS)

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI