Kogasgabpad Harus Tulus Dalam Membantu Masyarakat

Media Apakabar.com
Sabtu, 01 September 2018 - 08:11
kali dibaca
foto: apakabar/Ist
Mediaapakabar.com-Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Panglima Kogasgabpad Mayjen TNI Madsuni mengajak seluruh jajaran menyatukan tekad dan semangat dalam membantu masyarakat Lombok yang mengalami musibah.   

Hal itu disampaikan dihadapan awak media usai meninjau pembersihan puing rumah penduduk oleh prajurit TNI di Desa Medana Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara pada Jumat (31/08/2018).   

“ Mari kita bekerja dengan tulus, ihklas dan tuntas membantu saudara-saudara kita di Lombok khususnya yang menjadi korban gempa bumi agar segera bangkit," ujarnya.  

Lebih lanjut Pangkogasgabpad mengatakan, saat ini pola penanganan rehabilitasi dan rekontruksi di Lombok dan Sumbawa dibagi menjadi empat sektor atau wilayah tanggung jawab. Sektor Satu membawahi Mataram, Lombok Tengah dan Lombok Barat, Sektor Dua wilayah Lombok Utara, Sektor Tiga Lombok Timur dan Sektor Empat mencakup wilayah Sumbawa dan Sumbawa Barat.   

“ Untuk kecepatan penanganan masing-masing sektor dibentuk gugus tugas menangani tentang pemukiman infrastruktur, sosial dan ekonomi serta penanganan pengungsi,” tegasnya.   

Dijelaskan, Kogasgabpad dibentuk dengan melibatkan berbagai unsur Kementerian dan Lembaga antara lain TNI, Polri, Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta relawan bertugas membantu percepatan rehabilitasi dan rekontruksi penanganan korban secara terpadu termasuk mekanisme pemberian bantuan logistik kepada masyarakat.   

“ Saat ini pemberian bantuan logistik diajukan dari bawah yaitu melalui Babinsa, Danramil sampai Dansektor, kemudian diajukan ke Kogasgabpad. Dengan harapan bantuan yang diberikan tepat sasaran dan cepat diterima oleh masyarakat yang membutuhkan,” jelas Mayjen TNI Madsuni.  (***)

Share:
Komentar

Berita Terkini