Setya Novanto Stok Makan Mie Instan di Dalam Penjara, Siapa Tempati Sel Mewah Sukamiskin?

| Rabu, 25 Juli 2018 | 11.34 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Setya Novanto saat diwawancara Najwa Shihab. Foto: Instagram Najwa Shihab
Mediaapakabar.com - Najwa Shihab berkesempatan untuk mengunjungi Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Wanita yang akrab disapa Nana ini menengok sel tahanan para narapidana kasus korupsi.
Mulai dari mantan Ketua DPR, Setya Novanto, mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaq, dan mantan anggota DPR dari Partai Demokrat, Nazaruddin.
Pada video cuplikan program acara Mata Najwa yang diunggah ke Instagram, Selasa (24/7/2018), Nana pun mencoba mendatangi satu per satu sel mereka.
Senyum semringah tercipta di wajah Setya Novanto. Saat Nana datang, dirinya terlihat sedang duduk sambil memegang sebuah buku.
Mantan Ketua DPR yang tersandung kasus korupsi e-KTP ini juga berpenampilan cukup rapi.
Setnov mengenakan kaus berwarna navy dan celana panjang. Jam tangan juga melekat di pergelangan tangannya.
Setya Novanto tampak segar di dalam sel penjaranya. Foto: Instagram Najwa Shihab
Di kamarnya, Setnov menyimpan makanan seperti roti sobek dan mi instan. Sebelumnya mereka pun sempat saling bersapa.
"Apa kabar Pak Setnov?" sapa Nana.
"Apa kabar?" tanya balik Setnov kepada Nana.
"Boleh masuk, bapak?" pinta Nana sebelum masuk ke dalam sel.
"Boleh," jawab Setnov lagi.
Simak videonya cuplikannya di bawah ini:
Ada sejumlah mantan tokoh ternama yang menempati Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Misalnya, mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, mantan Ketua MK Akil Mochtar, mantan Ketum Demokrat Anas Urbaningrum, mantan Ketua DPD Irman Gusman, juga mantan Ketua DPR Setya Novanto. 
Inspeksi mendadak Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami pada Minggu malam lalu sempat melihat sel tahanan mantan Ketua DPR Setya Novanto. 
Pria yang juga mantan Ketua Umum Partai Golkar itu mempersilakan Tim Mata Najwa, yang ikut dalam Sidak rombongan Dirjen Pas Sri Puguh Budi Utami, masuk ke selnya. 
Usai dari sel tahanan Setnov, Nana mendatangi pula sel tahanan Luthfi Hasan Ishaq. Luthfi tampak mengenakan kaus oblong.
Saat keduanya bertemu, Nana sempat menyebut tubuh Luthfi semakin langsing dari sebelumnya. Di kamar tahanan Luthfi ini, ditemukan pula alat olahraga.
Ruang tahanan Novanto tak semewah sel Luthfi Hasan Ishaaq atau OC Kaligis. Tampak beberapa tambalan semen di dinding. Terlihat juga instalasi pipa air yang menonjol ke luar. Di sudut ruangan, ada tumpukan koran, roti tawar, mi instan, dan air mineral dalam galon. 
Setya Novanto pada 24 April 2018 divonis 15 tahun penjara, denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan. Selain pidana penjara, majelis hakim menjatuhkan pidana tambahan berupa membayar uang pengganti sebesar USD 7,3 juta dikurangi Rp 5 miliar yang sudah disetorkan ke negara. Selain itu, hak politik Novanto dicabut selama 5 tahun sejak berakhirnya hukuman penjara.
Novanto dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dalam proyek e-KTP. Dia dinilai memperkaya diri sendiri dengan meraup keuntungan sebesar USD 7,3 juta dari total nilai proyek Rp 5,7 triliun.
Selengkapnya soal sel mewah di Lapas Sukamiskin dan kamar tahanan Setya Novanto akan tayang di Mata Najwa pada Rabu, 25 Juli 2018, pukul 20.00 WIB di Trans7. 
Sejumlah warganet pun turut memberikan tanggapannya soal kondisi sel tahanan para koruptor ini.
rezaalambulu: Ini kok kaek ada yang salah yaa, kok pas giliran SETNOV gak ada yang terkesan penggrebekan??? Malah terkesan udah disiapkan yak? Udah rapih duduk dsb. Sedangkan yang lainnya kok bisa ditemukan saat masih pake kaos kutang segala????? Yang hebat ini najwa nya ato setnov nya? (emoji)
ngnp92: Masih bisa senyum.. does he found his serenity in the jail?
eckoland: Dari senyumnya seperti ga tinggal di ruang sekecil itu. (*)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI