Sosok Penumpang yang Berhasil Rekam Detik-detik KM Sinar Bangun Tenggelam, Ini Alasannya

Admin
Senin, 25 Juni 2018 - 11:23
kali dibaca
Jesika Elpri Sinaga penumpang KM Sinar Bangun
Mediaapakabar.comPascaterbaliknya kapal KM Sinar Bangun, video korban yang meminta tolong sambil bertahan di badan kapal yang sudah terbalik di tengah Danau Toba tersebar di media sosial.

Video tersebut pun dikutip beberapa situ berita. Namun mengapa korban bisa mengambil video di tengah kejadian itu? 

Seperti yang dilansir Tribun Medan, orang yang merekam detik-detik tenggelamnya KM Sinar Bangun adalah penumpangnya sendiri yakni Jesika Elpri Sinaga (20) warga Siraja Huta, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun.

Jesika Elpri anak ke dua dari lima bersaudara termasuk satu dari 19 korban selamat. Jesika menjelaskan setelah berhasil naik ke permukaan dan naik ke bangkai kapal yang masih mengambang langsung merekam kejadian itu dengan ponselnya.
"Setelah aku keluar dari celah-celah kapal yang terjebak, aku naik ke permukaan. Untuk naik juga banyak tarik-tarikan dengan kawan," katanya di posko keluarga korban di Dermaga Tigaras, Kabupaten Simalungun, Minggu (24/6/2018).
Jesika tak tahu mengapa ponselnya masih aktif bahkan saat ia berada di dalam air. "Gak tahu. Saya lihat hape masih bisa hidup. Saya rekam," tambahnya.
Simak videonya;

Jesika pergi bersama lima temannya Jamuda Ainaga, Roni Siadari, Herman Turnip, Selma Sinaga, dan Atur Sinaga.
Namun, dua temannya Selma Sinaga dan Atur Sinaga masih dalam pencarian.
"Saat kami tenggelam ada kapal feri (KMP Sumut 2) memang yang lewat. Tapi, mereka hanya sebentar. Hanya tiga orang yang diselamatkan lalu pergi," katanya.
Jesika juga mengungkapkan kekecewaan atas tindakan nakhoda kapal feri Dony Max Silalahi,  yang terkesan membiarkan mereka tenggelam.
"Ada diselamatkan tiga orang. Masih banyak yang minta tolong. Yang diselamatkan tiga orang lalu pergi. Lalu balik lagi dan enggak ada lagi yang selamat," pungkasnya.
Dony Silalahi kapten kapal feri penyeberangan di Danau Toba
Dony Silalahi kapten kapal feri penyeberangan di Danau Toba (Handover)

Diketahui, informasi teranyar, Minggu (24/6/2018) siang, posisi Kapal Motor (KM) Sinar Bangun tenggelam sejak Senin (18/6/2018) lalu, telah ditemukan.
Sekitar pukul 11.12 WIB tim survey Basarnas dan Mahakarya Geo Survey - IAITB yang dipimpin langsung oleh Kepala Basarnas serta disaksikan oleh Menteri Sosial Bapak Idrus Marham, telah menemukan dan mengidentifikasi posisi KM Sinar Bangun.
Mahakarya Geo Survey IAITB, Henky Suharto menyebut KM Sinar Bangun berada pada koordinat 2 deg 47’ 3.835 N dan 98 deg 46’ 10.767 E, dengan kedalaman mencapai 450 meter. (AS)
Share:
Komentar

Berita Terkini