Wasit VAR Thailand Yang Jadi Bahan Gunjingan, Tetap Kembali Bertugas di Indonesia Vs Irak

Media Apakabar.com
Rabu, 01 Mei 2024 - 22:28
kali dibaca
Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-udom. (Dok. Tuoitre.vn)

Mediaapakabar.com
- VAR (video Assistant Referee) asal Thailand, Sivakorn Pu-udom, kembali mendapat mandat dari AFC untuk mengawal pertandingan Timnas U23 Indonesia di Piala Asia 2024.

Sivakorn Pu-udom akan bertugas pada laga Indonesia vs Irak pada laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U23 2024, Kamis (02/05/2024) pukul 22.30 WIB.

Sivakorn akan bertugas sebagai asisten VAR mendampingi wasit VAR utama asal Arab Saudi, Abdullah Dafer Al Shehri. Penunjukkan itu tentu saja membuat lampu alarm dikalangan suporter Garuda Muda berbunyi.

Bagaimana tidak, beberapa keputusan VAR yang diterima pasukan Shin Tae-yong saat Sivakorn bertugas menjadi bahan pergunjingan. Dia menjadi wasit VAR ketika Garuda Muda kalah dari Qatar di fase grup dan saat bersua Uzbekistan pada semifinal.

Di kedua laga tersebut, Rizky Ridho dkk harus menerima kekalahan 0-2 dengan beberapa keputusan 50-50 yang tidak berpihak pada mereka.

Saat menghadapi tuan rumah Qatar, Sivakorn memberikan rekomendasi kepada wasit utama, Nasrullo Kabirov, untuk melihat ulang insiden Rizky Ridho di kotak penalti yang akhirnya berbuah tendangan 12 pas untuk tim lawan.

Sivakorn yang saat itu dibantu asisten VAR 1 Hanna Hattab dari Suriah melakukan tiga aksi ulasan yang tidak menguntungkan pasukan Garuda Muda.

Pertama adalah ketika ia meminta wasit utama Shen Yinhao untuk melihat insiden tekel kepada Witan Sulaeman di ujung kotak penalti.

Setelah review, tekel terhadap Witan dianggap bersih sehingga Indonesia yang awalnya mendapatkan tendangan bebas dibatalkan dan Uzbekistan diberi goal kick.

Kedua adalah saat momen gol Muhammad Ferarri pada babak kedua. VAR mengecek bahwa gol tak seharusnya berdiri karena Ramadhan Sananta dianggap sudah berdiri di posisi offside.

Wasit Shen pun mengulas insiden tersebut dan menganulir gol Garuda Muda. Semetnara, keputusan VAR berikutnya adalah ketika ia merekomendasikan wasit Shen untuk melihat monitor lagi dalam insiden kartu merah RIzky Ridho.

Dalam tayangan ulang, kaki Ridho memang terlihat mengarah ke selangkang pemain Uzbekistan dan diganjar merah.

Eks wasit berlisensi FIFA Jimmy Napitupulu, pengamat olahraga Anton Sanjoyo dan koordinator Save Our Soccer Akmal Marhali mengatakan bahwa keputusan-keputusan wasit Shen, walau terlihat tidak adil, sejatinya adalah tepat.

Hal serupa disampaikan oleh Instruktur PSSI), Fakhrizal Kahar, kepada pers. " Secara keseluruhan tidak ada keputusan yang keliru dari wasit Shen Yinhao. Intervensi wasit VAR juga sudah tepat," tukasnya. (MC/Kompas.com)
Share:
Komentar

Berita Terkini