Ratusan Pesepakbola Sumut Akan Berlatih di Belgia

| Sabtu, 23 Juni 2018 | 15.35 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Kepala Talent Scouting, Hadi Rahmaddani memberikan keterangan pers yang diselenggarakan di Hotel Garuda Plaza Medan, Jumat (22/6/2018)
Mediaapakabar.com--Lebih dari seratus orang pesepakbola asal Sumatera Utara (Sumut) akan mengikuti kesempatan untuk belajar bersama di Belgia. Nantinya pemuda Sumut yang dinyatakan memenuhi kriteria untuk mengikuti latihan di Belgia akan bertanding dengan salah satu klub yang dimiliki oleh Sihar Sitorus di negara eropa tersebut.

Dalam keterangan pers yang diselenggarakan di Hotel Garuda Plaza Medan, Jumat (22/6/2018), Kepala Talent Scouting, Hadi Rahmaddani mengatakan bahwa kesempatan unjuk skill di Eropa terbuka lebar dengan dibukanya seleksi lewat pertandingan final turnamen Bola.com Talent Scouting di Stadion Teladan, Medan pada Minggu (24/6/2018). 

Kegiatan talent scouting ini dilakukan karena melihat kekosongan pemain bertalenta usia muda di Indonesia, khususnya Sumut. “Jadi nanti para pemainnya akan kita ambil yang terbaik dan mengikuti program ini. Yang mampu bermain di kancah nasional dan internasional,” ujar.

Dalam ajang bertajuk Bola.com From North Sumatra to Belgium ini, sedikitnya 109 pesepakbola muda berbakat terpilih ini berasal dari enam kabupaten/kota di Sumut tempat digelar seleksi yang diikuti 600 peserta. Hadi, menambahkan bahwa uji kelayakan dari berbagai aspek kualitas pemain menjadi hal yang akan ditekankan pada pencarian bakat kali ini. Sebab, pemain terbaik terpilih nantinya bakal dikirim ke Belgia untuk berlatih bersama klub milik Sihar Sitorus itu. “Diharapkan talent scouting dan turnamen ini dapat menemukan bibit pemain terbaik yang akan diboyong ke Belgia untuk mengikuti pelatihan,” katanya.

Ia menjelaskan, talenta pesepakbola muda itu berasal dari Medan, Tebingtinggi, Kisaran, Padangsidimpuan, Sibolga dan Dairi/Sidikalang. Tahapan scouting ini nantinya akan menggunakan metode 7 vs 7 atau 5 vs 5. Dengan metode tersebut, diharapkan para pemandu bakat bisa menjaring kemampuan peserta dengan kriteria daya tahan fisik, koordinasi permainan dan kecepatan dalam bertanding. “Sedangkan untuk tahap final turnamen, para pemain yang lolos akan dibagi menjadi 6 tim dengan kemampuan seimbang untuk saling bertanding dengan sistem trofeo,” katanya.

Sementara itu, menurut Editor in Chief Bola.com, Darojatun, Sumut merupakan salah satu ‘gudang’ pesepakbola. Contohnya Saktiawan Sinaga, Mahyadi Panggabean, Legimin Raharjo hingga Firza Andika. Dalam temu pers ini juga tampak legenda sepak bola Indonesia, Kumiawan Dwi Yulianto. Dia juga akan hadir pada seleksi di Stadion Teladan, mulai pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Kumiawan yang pernah bermain di klub Eropa seperti FC Luzem dan Sampdoria ini sangat mendukung seleksi para talenta muda ini. “Dengan belajar dan berlatih di Belgia maka akan menambah kualitas pemain sepakbola itu sendiri. Mengenal pola Iatihan yang benar, pengetahuan sepakbola, serta arti profesionalitas. Sehingga diharapkan nantinya mereka bisa mewujudkan mimpi menjadi pemain sepakbola yang andal,” katanya.

Sementara penggila bola, Sihar Sitorus melalui teleconference mengatakan hal yang sama. Lelaki yang pernah membesarkan PSMS Medan dan saat ini maju sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumut mendampingi Haji Djarot Saiful Hidayat tersebut berharap kegiatan tersebut dapat membesarkan persepakbolaan dalam negeri dan Sumut secara khusus.

Cawagub yang maju diusung PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut mengatakan bahwa pesepakbola muda yang terpilih nantinya bisa memiliki mental bertanding yang baik. Selain itu juga mempunyai skil dan kecepatan yang bagus.(bcl comm)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI