Kayu Gaharu Asli Indonesia Termahal di Dunia, Segini Harganya

Aris Rinaldi Nasution
Senin, 16 Mei 2022 - 22:12
kali dibaca
Ket Foto : Kayu gaharu.

Mediaapakabar.com
Kayu gaharu merupakan salah satu kayu asli Indonesia bahkan dikenal sebagai kayu termahal di dunia. Pasalnya, harga kayu gaharu asli Indonesia bisa menembus Rp1,5 miliar per kg. 

Kayu gaharu populer digunakan sebagai aksesoris, dekor interior, dan berbagai kerajinan kayu. Memiliki bau yang harum, membuat kayu gaharu sering digunakan dalam industri wewangian, juga perhiasan. 


Melansir berbagai sumber, Sabtu (14/5/2022), kayu gaharu berasal dari beberapa spesies pohon dari genus Aquilaria khususnya jenis A. malaccensis. Umumnya, jenis kayu ini memiliki warna kehitaman pekat yang khas.


Pohon gaharu umumnya tumbuh di wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Kayu ini berdiameter sekitar 40–60 cm dan memiliki tinggi hingga 40 meter.


Kayu gaharu sudah dikenal sebagai kayu para dewa. Adapun kayu gaharu digambarkan sebagai produk wangi kekayaan dan kemewahan dalam Weda Sanskerta, yakni salah satu teks tertulis tertua di dunia.


Untuk kualitas rendah, kayu gaharu dijual dengan harga antara Rp300.000 sampai Rp10 juta per kg. Namun untuk kualitas tinggi, kayu gaharu bisa dijual dengan harga mencapai 100.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp1,43 miliar (kurs Rp14.300 per dolar AS). Bahkan ada yang menembus Rp1,5 miliar. 


Memiliki harga jual yang tinggi, kayu gaharu termasuk salah satu bahan mentah termahal di dunia, khususnya untuk industri wewangian, furniture berkualitas tinggi, bahkan untuk kesehatan. (II/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini