Dukung Pertanian, Bupati Taput Serahkan Bantuan Alsintan dan Kartu Tani

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan, M.Si serahkan secara simbolik Bantuan Alsintan dan  Kartu Tani Kepada Kelompok Tani, di Silangkitang, Kecamatan Sipoholon, Kamis (23/12/2021). 

Mediaapakabar.com
Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan, M.Si serahkan secara simbolik Bantuan Alsintan dan  Kartu Tani Kepada Kelompok Tani, di Silangkitang, Kecamatan Sipoholon, Kamis (23/12/2021). 

Turut mendampingi Ketua Komisi B DPRD Taput Mangoloi Pardede, Ketua Komisi C DPRD Taput Royal Simanjuntak, Staf Ahli Administrasi Umum Donna Situmeang, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Marco Panggabean, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak, Kadis Pertanian Sey Pasaribu, Pimpinan Perangkat Daerah Terkait.


Dalam arahannya, Bupati menyampaikan bahwa salah satu upaya yang dilaksanakan untuk percepatan pembangunan Bidang Pertanian di Kabupaten Tapanuli Utara adalah meningkatkan pemanfaatan mekanisasi. Untuk mendukung upaya tersebut Pemerintah memberikan bantuan Alsintan kepada kelompok tani.


“Dalam rangka mendukung visi pembangunan Pemerintah Kabupaten Tapanuli yaitu Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan, lumbung sumber daya manusia yang berkualitas serta daerah tujuan wisata, terlebih pada masa Pandemi Covid-19 saat ini, dimana sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar sehingga sangat diperlukan ketersediaan alat dan mesin pertanian. Dimana ketersediaan alat dan mesin pertanian merupakan program Pemerintah untuk meningkatkan swasembada pangan,” ujar Bupati.


Peranan alat atau mesin pertanian dalam sistem budidaya tanaman menjadi sangat penting karena tuntutan perkembangan teknologi maupun gejala terjadinya kelangkaan sumber daya manusia sebagai akibat pesatnya perkembangan di segala bidang. Penerima manfaat adalah kelompok tani atau gabungan dan bekerja sama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha. 


“Manfaatkanlah alat dan mesin pertanian untuk kepentingan kelompok tani serta memelihara alat dan mesin pertanian agar beroperasi dengan baik. Alat dan mesin pertanian yang diterima merupakan keperluan semua kelompok, bukan milik ketua kelompok tani, silahkan berkoordinasi dengan aparat desa dan petugas penyuluh pertanian apabila ada permasalahan di bidang pertanian,” ujar Bupati menambahi.


Mengakhiri arahannya, Bupati menyampaikan harapannya agar sasaran produksi yang telah ditargetkan dapat tercapai dalam pelaksanaan program swasembada pangan. Bupati menegaskan agar Alsintan yang diberikan oleh Pemerintah dimanfaatkan dengan sungguh-sungguh. 


Alsintan  bersumber dari PAPBD TA 2021 tersebut terdiri dari 1 unit traktor besar, 1 unit tractor mini  yang akan dikelola oleh UPTD Alsintan Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara, kemudian ada 10 cultivator, 5 pemipil jagung, dan 31 alat tanam jagung. 


Sesuai usulan Bupati Nikson Nababan kepada Kementrian Pertanian, Kabupaten Tapanuli  Utara telah difasilitasi untuk penerbitan kartu tani sebanyak 24.870 kartu tani dimana Kartu Tani itu dibuat oleh BNI (Bank Negara Indonesia). Kartu Tani dipergunakan untuk penebusan pupuk bersubsidi dan dapat juga dipakai sebagai alat debet lainnya, dan fungsinya sama  seperti ATM. Pada  kesempatan ini pula Bupati Taput menyerahkan Kartu Tani secara simbolis kepada para petani.


Dikesempatan sebelumnya Kepala Dinas Pertanian menyampaikan laporannya kepada Bupati bahwa sesuai dengan arahan dan petunjuk Bupati Nikson Nababan, para penyuluh pertanian kedepannya akan memperketat pengawasan daripada Alsintan yang diberikan kepada masyarakat agar benar-benar dimanfaatkan secara optimal oleh kelompok tani. (MC/DN)

Share:
Komentar

Berita Terkini