277 Warga Binaan Rutan Kelas I Medan Dapat Remisi Natal, 4 Diantaranya Bebas

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Kepala Rutan (Karutan) Kelas I Medan, Theo Adrianus Purba saat menyerahkan remisi hari natal kepada warga binaan.


Mediaapakabar.com
Sebanyak 277 warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Tanjung Gusta Medan menerima remisi Natal 2021, empat orang diantaranya langsung menghirup udara segar (bebas), Sabtu, 25 Desember 2021.

Hal tersebut dikatakan Kepala Rutan (Karutan) Kelas I Medan, Theo Adrianus Purba saat ditemui wartawan usai menyerahkan remisi hari natal kepada warga binaan.


"Dari 4.639 orang jumlah total warga binaan Rutan, ada 277 orang warga binaan beragama Kristen yang mendapatkan remisi khusus di perayaan Hari Natal 2021, empat orang diantaranya langsung menghirup udara bebas," katanya.


Dijelaskan Theo, keempat Napi tersebut berasal dari tindak pidana umum seperti pencurian, penggelapan, kasus judi, dan penipuan yang selama menjalani masa hukuman di Rutan," ucap Theo.


"Syarat bagi para warga binaan tersebut untuk mendapatkan remisi, diusulkan melalui pertimbangan secara administratif dan substantif. Salah satu contohnya yakni, putusan perkaranya sudah berkekuatan hukum tetap (inkrah), telah menjalani masa hukuman 6 bulan, berkelakuan baik serta tidak melakukan pelanggaran," jelasnya.


Dirinya berharap kepada warga binaan yang sudah bebas, agar bisa kembali membaur dengan masyarakat, aktif berkontribusi bagaimana membangun kesejahteraan keluarga dan masyarakat.


"Harapan kami kepada keempat warga binaan yang bebas bisa berbaur kembali dengan masyarakat dan tetap aktif serta produktif berkontribusi membangun kesejahteraan keluarga dan masyarakat," harapnya.


Ketika ditanya terkait over kapasitas di Rutan, Theo mengatakan belum ada perubahan yang signifikan, untuk itu pemberian remisi ini juga dinilai cukup penting guna meminimalisir over kapasitas yang ada.


"Terkait kondisi terkini over kapasitas di rutan, kapasitas rutan hanya 1.250, sementara isi kita hari ini 4.639. Bisa dibayangkan bagaimana padatnya. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami bagaimana merangkul, memberikan pelayanan yang terbaik termasuk makan, minum, menjaga kesehatan, dan ketertiban 4.639 warga binaan rutan ini," pungkasnya. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini