Pahami Kondisi Ekonomi di Masa Pandemi, Pengamat Apresiasi Program Kesejahteraan Mitra Driver Ojol

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Program Kesejahteraan Mitra Driver yang diinisiasi oleh Gojek. Program tersebut dinilai sangat membantu perekonomian para mitra driver yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Mediaapakabar.com
Pengamat Ekonomi Sumatera Selatan, Yan Sulistyo mengapresiasi Program Kesejahteraan Mitra Driver yang diinisiasi oleh Gojek. Program tersebut dinilai sangat membantu perekonomian para mitra driver yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Akademisi Universitas Sriwijaya itu juga menilai Program Kesejahteraan Mitra Driver yang telah dicanangkan sejak Maret 2020 tersebut merupakan bentuk kepekaan manajemen Gojek memahami kondisi ekonomi secara makro, maupun mikro.  


"Hal ini menunjukkan dua hal yaitu, kepekaan manajemen Gojek dalam memahami kondisi ekonomi secara makro nasional untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Dan kedua, membantu ekonomi secara mikro untuk membantu para mitranya. Hal ini patut di apresiasi," ujar Yan Sulistyo, Selasa (12/10/2021). 


Tak hanya itu, bantuan yang disalurkan langsung ke saldo dompet mitra driver yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 juga dinilai sejalan dengan upaya pemerintah menanggulangi pandemi.


"Dengan bantuan tersebut maka manajemen memberikan sedikit tekanan kepada mitra Gojek untuk melakukan prokes (protokol kesehatan) yang sejalan dengan keinginan presiden dan Pemerintah RI," ujar Yan Sulistyo.


Menurut Yan Sulistyo, bantuan yang diberikan Gojek kepada mitranya tersebut juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen kepada seluruh mitra driver.


"Maka dengan adanya bantuan kepada mitra yang melaksanakan vaksin maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen kepada seluruh mitra Gojek dan menambah value bagi nama perusahaan Gojek itu sendiri," ujarnya.


Sebelumnya, pada momen peringatan ulang tahun ke-11, Gojek kembali menyalurkan bantuan Program Kesejahteraan Mitra Driver berupa Bantuan Kebutuhan Pokok yakni uang belanja sembako sebesar lebih dari Rp17 miliar, disalurkan langsung ke saldo dompet mitra driver yang telah menjalani vaksinasi Covid-19.


Total, akumulasi bantuan Program Kesejahteraan Mitra Driver yang disalurkan Gojek bagi mitra sejak Maret 2020 hingga September 2021 telah lebih dari Rp 260 miliar, terdiri dari Bantuan Kebutuhan Pokok (Rp 175,8 miliar), Bantuan Penyediaan Layanan/Perlengkapan Kesehatan (Rp 70,3 miliar), dan Bantuan Pendapatan Bagi Mitra Driver (Rp15 miliar).


“Menuju 11 tahun usia mengaspal di Indonesia, Gojek bersama mitra berkolaborasi untuk terus hadir memberikan solusi nyata dalam membantu masyarakat memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Kolaborasi ini terus dijalankan dengan sungguh-sungguh, termasuk di situasi pandemi yang penuh tantangan. Salah satunya, melalui bantuan Gojek kepada mitra driver yang sampai saat ini sudah mencapai Rp260 miliar sebagai bentuk dukungan berkelanjutan untuk bisa #BangkitBersama,” kata CEO Gojek Kevin Aluwi. 


Dijelaskannya, bantuan uang belanja yang diberikan pada periode ini (awal Oktober 2021) difokuskan bagi ratusan ribu mitra driver di seluruh Indonesia yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama. Selain membantu memenuhi kebutuhan pokok mitra, inisiatif ini menjadi bentuk apresiasi bagi mitra driver yang telah memiliki kesadaran untuk menjalani vaksinasi, melindungi dirinya dari risiko paparan Covid-19.


Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam percepatan program vaksinasi nasional, dimana inisiatif Gojek terkait vaksinasi dijalankan secara komprehensif mencakup seluruh aspek penting yang dibutuhkan; mulai dari edukasi, sosialisasi, memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi, hingga apresiasi kepada mitra yang telah divaksin. (IK)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini