Antisipasi Kebakaran, Petugas Lapas Kelas I Medan Gelar Simulasi dan Dilatih Gunakan APAR

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tanjung Gusta Medan memberikan pelatihan dan simulasi cara memadamkan api serta pengenalan alat-alat pemadam bagi petugas lapas dan juga warga binaan.

Mediaapakabar.com
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tanjung Gusta Medan memberikan pelatihan dan simulasi cara memadamkan api serta pengenalan alat-alat pemadam bagi petugas lapas dan juga warga binaan.

Pelatihan yang bekerjasama dengan Dinas Pencegah dan Pemadaman (P2K) Pemko Medan ini dilakukan guna mengantisipasi kebakaran seperti yang terjadi di Lapas Kelas I Tangerang, Banten beberapa waktu lalu.


Seluruh petugas Lapas Kelas I Tanjung Gusta Medan dan beberapa warga binaan dikumpulkan di halaman olahraga pada Senin, 18 Oktober 2021. Mereka diberi pelatihan tentang langkah awal menangani kebakaran dan juga cara menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).


Kepala Lapas (Kalapas) Kelas I Medan, Erwedi Supriyatno dalam arahannya mengatakan, meminta kepada pegawai Lapas untuk menyerap pelatihan kebakaran yang diberikan Dinas P2K Pemko Medan tersebut. 


"Ini sebagai antisipasi untuk penanganan dan pencegahan terjadinya kebakaran di Lapas Kelas I Medan," ujarnya. Menurut Erwedi, ia tidak ingin peristiwa kebakaran di Lapas Tangerang terjadi di Lapas Kelas I Medan. 


Dalam pelatihan itu, para petugas diberikan pengetahuan tentang penanganan api yang tidak dikendalikan. Selanjutnya, diberikan pengarahan penggunaan APAR yang bisa digunakan di gedung perkantoran. 


Diakhir kegiatan, diadakan simulasi penanganan kebakaran dengan alat APAR, dan mengendalikan api menggunakan kain basah. 


Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas P2K Albon Sidauruk, pejabat struktural, staf fungsional, staf pengamanan, regu pengamanan, Pramuka Gudep 14.1387 serta perwakilan dari WBP. (MC/DAF)


Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini