Kasus Jual-Beli Jabatan di Tanjungbalai, KPK Periksa Ajudan Lili Pintauli Siregar

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Juru Bicara KPK, Ali Fikri. (INT)

Mediaapakabar.com
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa ajudan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Lili Pintauli Siregar terkait kasus dugaan jual-beli jabatan di Kota Tanjungbalai. Ajudan yang diperiksa berinisial Oktavia Dita Sari.

“Tim penyidik menjadwalkan pemanggilan saksi untuk Oktavia Dita Sari, ajudan pimpinan KPK,” kata pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri, dilansir dari tempo.co, Senin, 6  September 2021.


Ali mengatakan Dita akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka bernama Yusmada. Yusmada adalah Sekretaris Daerah Tanjungbalai yang ditetapkan menjadi tersangka penyuap Walikota Tanjungbalai nonaktif M. Syahrial. KPK menyangka Yusmada memberikan duit Rp 200 juta ke Syahrial agar dipilih menjadi Sekretaris Daerah.


Nama Lili Pintauli terseret di kasus itu karena berkomunikasi dengan Syahrial perihal kasus yang sedang ditangani lembaganya. Dalam sidang etik, Dewan Pengawas KPK menyatakan Lili terbukti bersalah berkomunikasi dengan pihak berperkara.


Dewas KPK juga menyatakan Lili terbukti menggunakan pengaruhnya kepada Syahrial demi kepentingan pribadi, yaitu mengurus masalah kepegawaian yang dialami kerabatnya. 


Lili dinyatakan melakukan pelanggaran, namun dihukum ringan dengan pemotongan gaji pokok 40 persen atau tidak lebih dari Rp 2 juta. (TC/MC)


Share:
Komentar

Berita Terkini