Puskesmas Ujung Padang Gencar Lakukan Test Swab Antigen Kepada Warga

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Tim Tracing Puskesmas Ujung Padang Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun gencar melakukan test swab antigen terhadap masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Ujung Padang.

Mediaapakabar.com
Tim Tracing Puskesmas Ujung Padang Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun gencar melakukan test swab antigen terhadap masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Ujung Padang.

Hal itu dilakukan Instruksi Bupati Simalungun tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tingkat 1-3 dan mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di tingkat Desa serta Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19 tanggal 24 Agustus 2021 sampai dengan tanggal 6 September 2021.


"Dimana ini merupakan respons Tim Vaksinator Puskesmas Ujung Padang dalam rangka meningkatkan dan memperkuat kemampuan sistem dan management testing dan tracing," kata Kapuskesmas Ujung Padang Dinas Kesehatan Pemkab Simalungun dr. Henry Jimmy Gultom dalam keterangan tertulis yang diterima mediaapakabar.com, Jumat, 27 Agustus 2021.


Dalam kegiatan tersebut, Kapuskesmas Ujung Padang dr. Henry Jimmy Gultom bersama sama Tim Tracing Puskesmas Ujung Padang terus bersinergitas dan berkolaborasi dengan aparat penegak hukum Bhabinkamtibmas Polsek Bosar Maligas Aipda. Surya Atmadja dan Babinsa Koramil 07 Pasar Baru, Serma Temu.


Selain itu, di dalam melaksanakan 3T melalui pemeriksaan tes swab antigen terhadap warga masyarakat di ujung Padang juga bersinergi dengan pemangku kepentingan Pemerintah Nagori di wilayah Kecamatan Ujung Padang serta Fungsionaris Organisasi Kemasyarakatan DPAC GRANAT Kecamatan Ujung Padang, Edi Rijal.


"Testing and tracing ini adalah untuk mengetahui dengan jelas apakah warga masyarakat tersebut terpapar Covid-19 apa tidak, serta untuk mengetahui kondisi warga yang kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif swab PCR dan yang positif swab antigen," katanya.


Sehingga, sambungnya, dapat mengambil langkah dan keputusan yang cepat dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.


Sementara itu, Koordinator Tim Surveilans Puskesmas Ujung Padang Juniar Marpaung,SKM didampingi Jefri Siallagan mengapresiasi keikutsertaan aktif Bhabinkamtibmas Polsek Bosar Maligas bersama Babinsa Koramil 07 Pasar Baru dan para Lurah dan Pangulu Nagori di Kecamatan Ujung Padang.


"Kegiatan ini berguna untuk mengecek dan mengetahui keadaan kesehatan warga yang kontak erat dengan yang terkonfirmasi swab PCR dan yang positif swab antigen dan jika hasil pemeriksaan test swab antigennya positif maka diarahkan untuk isolasi di   rumah Isolasi yang sudah tersedia di seluruh Nagori Wilayah Kecamatan Ujung Padang," ujarnya. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini