PABDSI Dairi Dilantik, Bupati Dairi Harapkan Akan Peningkatan dan Inovasi Setiap Anggota BPD

REDAKSI
Rabu, 07 Juli 2021 - 11:32
kali dibaca
Ket Foto : Forkopimda Kabupaten Dairi foto bersama usai pelantikan PABDSI di Balai Budaya Pemkab Dairi.

Mediaapakabar.com
- Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABDSI) Kabupaten Dairi periode 2021-2027 dilantik oleh Ketua PABDSI Sumatera Utara Buyung Tanjung, bertempat di Balai Budaya Sidikalang, Selasa, 05 Juli 2021.

Pelantikan anggota badan permusyawaratan desa tersebut turut dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Dairi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Junihardi Siregar serta para Camat.


Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu dalam Sambutanya mengatakan, anggota BPD merupakan salah satu pilar kokohnya penyelenggaraan otonom daerah serta sebagai kanal aspirasi dan pengawasan terhadap peraturan desa yang sangat penting dalam menentukan kemajuan suatu desa. 


Oleh karena itu, Bupati Dairi berharap kepada setiap anggota BPD agar senantiasa dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan inovasinya untuk menghindari persoalan hubungan disharmonis antara BPD dan pemerintah desa yang sering kali terjadi akibat kesenjangan pemahaman atas pengetahuan regulasi yang ada.


“BPD harus benar-benar bisa menjadi partner kepala desa dalam membangun desanya. BPD harus bisa menjadi pilar utama dan jembatan koordinasi kerja pemerintah desa dan masyarakat," ucap Bupati Dairi. 


Ditambahkan Bupati, bahwa kekuatan BPD itu terletak pada kemampuan “check and balances”, BPD memiliki hak bertanya, konfirmasi mengenai pembangunan desa serta terkait apa saja program yang sudah berjalan dan yang tidak dijalankan. 


Melalui pelantikan ini, Bupati Dairi mengajak seluruh BPD untuk menjadikan nya sebagai semangat baru dalam upaya membangun Kabupaten Dairi menuju "Dairi unggul"


Pada Kesempatan yang sama, Ketua PABDSI Sumatera Utara dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya PABDSI Kabupaten Dairi. Ia berharap dengan terbentuknya PABDSI Kabupaten Dairi, dapat bersinergi dengan Pemerintah nantinya,untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan, sebagaimana motto Bupati Dairi yakni Dairi Unggul. (BOB)

Share:
Komentar

Berita Terkini