Ganjar Numpang Makan Siang di Kantor Polisi, Kapolsek Kaget: Bupati Saja Belum Pernah ke Sini

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ketika mampir makan siang di kantor Polsek Kranggan, Kabupaten Temanggung. (Kompas.com) 

Mediaapakabar.com
Petugas Polsek Kranggan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dikejutkan dengan kehadiran Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di kantornya, Kamis (15/7/2021).

Bukan untuk inspeksi mendadak (sidak), atau kunjungan kerja, siang itu Ganjar hanya ingin menumpang makan siang.


Saat itu, suasana kantor Polsek Kranggan yang berada di Jalan Raya Temanggung-Magelang itu tampak sepi.


Dua anggota polisi sedang duduk di depan meja pelayanan saat mobil Innova hitam yang ditumpangi Ganjar memasuki halaman kantor.


Mereka tidak menyadari kalau ada Ganjar di dalam mobil tersebut. Setelah Ganjar turun baru lah keduanya terkejut dan langsung menyambutnya. 


"Selamat siang, Pak, saya mampir numpang makan siang di sini ya," kata Ganjar menyapa, dilansir dari Kompas.com, Jumat, (16/7/2021).


Satu anggota polisi kemudian berlari ke dalam kantor. Tak lama kemudian, seorang polisi bernama AKP Sugihartono keluar dan menyambut Ganjar. AKP Sugihartono adalah Kapolsek di tempat itu.


"Siap Pak Ganjar, monggo," ujar Sugihartono.


Ganjar lalu masuk ke dalam kantor dan meminta izin untuk numpang makan siang. Kapolsek kemudian mempersilahkan Ganjar untuk makan siang di dalam ruangan kerjanya.


Di ruangan itu, Ganjar duduk di kursi kayu lalu membuka kotak bekal yang sudah disiapkan sang istri.


Kotak bekalnya berisi nasi putih dengan lauk labu siam, orek atau kering tempe, telur dadar dan udang.


"Monggo, Pak, ikut makan. Itu di mobil ada nasi kotak tolong ambilkan, Mas. Itu Pak Polisi di sana juga dikasih," pinta Ganjar pada ajudannya.


Ganjar pun begitu lahap memakan bekal yang ia bawa dari rumah. Sekitar 30 menit, Ganjar keluar ruangan untuk melanjutkan perjalanan.


Hari itu, Ganjar memang sedang meninjau penanganan Covid-19 di Kabupaten Temanggung dan Magelang.


Biasanya sebelum pandemi, Ganjar selalu mampir di warung-warung pinggir jalan untuk makan siang. 


Setelah pandemi dan warung/restoran dilarang melayani pembeli makan di tempat, Ganjar memilih untuk membawa bekal dari rumah. Orang nomor 1 di Jawa Tengah itu juga tidak segan melahap bekal di mana pun yang dilewatinya.


Ia pernah di halaman parkir kantor PJR Pintu Tol Kabupaten Pemalang, hingga makan siang di taman daerah Kledung Kabupaten Temanggung.


"Saya sangat kaget. Nggak menyangka dan ini sangat luar biasa kehormatan bagi saya. Pak Gubernur singgah di kantor saya, numpang makan siang," kata Kapolsek Kranggan, AKP Sugihartono.


Dirinya tak pernah bermimpi, akan disambangi Ganjar. Apalagi tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Ia sempat mengira mobil yang tiba-tiba parkir itu adalah tamu dari Polres Temanggung atau pejabat Pemkab Temanggung.


"Saya kira tamu dari Polres atau Kabupaten. Ternyata Pak Gubernur. Selama ini pejabat yang datang ya paling dari Polres atau Kabupaten. Pak Bupati saja belum pernah ke sini," ucapnya sambil tersenyum.


Ia menilai, aksi Ganjar makan siang di kantornya itu mencerminkan seorang pemimpin yang merakyat dan patut dicontoh. Di saat PPKM Darurat saat ini memang lebih baik membawa bekal makanan saat bepergian.


"Luar biasa, merakyat sekali. Apalagi ini PPKM Darurat, kan memang tidak boleh makan di warung. Beliau memberikan contoh. Selain itu beliau sangat disiplin sekali dalam penerapan prokes, tadi saya menemani makan juga harus berjarak dan ada anggota saya maskernya turun, langsung diingatkan," jelasnya. (KC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini