Jelang May Day, Forkopimda dengan Serikat Pekerja/Buruh Sumut Gelar Buka Puasa Bersama

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Utara menggelar berbuka puasa bersama dengan perwakilan 44 Serikat Pekerja / Buruh Sumatera Utara di Asrama Haji Gedung Jabal Nur, Jalan Jenderal Besar A.H. Nasution, Pangkalan Masyhur, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Jumat, (30/04/2021).

Mediaapakabar.com
Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Utara menggelar berbuka puasa bersama dengan perwakilan 44 Serikat Pekerja / Buruh Sumatera Utara di Asrama Haji Gedung Jabal Nur, Jalan Jenderal Besar A.H. Nasution, Pangkalan Masyhur, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Jumat, (30/04/2021).

Dalam kegiatan berbuka puasa tersebut diawali dengan pembukaan pembacaan ayat suci Al-Quran dilanjutkan dengan Tausiah dari sekali pembukaan puasa.


Usai berbuka puasa, Wakapolda Sumut Brigjen Dadang Hartanto dalam sambutannya mengatakan kita ketahui bersama bahwa besok, para pekerja/buruh akan merayakan hari buruh (May Day), 01 Mei 2021.


"Saya mengucapkan selamat kepada buruh dan kita mengharapkan semoga para buruh semakin sukses dan di bulan Ramadhan ini semua semakin berkah," ucap Brigjen Dadang.


Ket Foto : Wakapolda Sumut Brigjen Dadang Hartanto saat memberikan kata sambutan di acara buka bersama dengan Serikat Pekerja/Buruh.

Menurutnya, kalau kita berbicara kesejahteraan tentang Negara. Negara itu akan baik jika perekonomian baik, dan itu bisa dilaksanakan jika keamanannya baik. Nah, kunci paling utama yang harus kita perkuat adalah persatuan dan kesatuan serta kerja sama yang baik.


"Mitra paling strategis untuk membangun Negara ini adalah salah satunya kaum buruh, karena buruh adalah pekerjaan yang strategis tanpa buruh barang barang yang kita pakai itu tidak ada, apabila kita tidak mampu bekerja sama maka kita melakukan kerugian bagi kita sendiri, kalau kita kerja sama tidak ada persoalan apapun yang tidak terselesaikan," sebut Dadang.


Lanjut dikatakan Dadang, saya mewakili Polda Sumatera Utara mengucapkan terima kasih karena kerjasamanya, dan kita harus terus melakukan kerja sama yang baik dan silaturahmi yang tidak boleh kita putus.


"Karena apabila ada permasalahan, pasti bisa kita selesaikan dengan kerjasama yang baik, dalam perayaan ulang tahun May Day ini kita ini semua harus bergembira. Saya berharap Mayday di tengah pandemi ini agar  kita melakukan kegiatan yang positif dan tetap mematuhi protokol kesehatan," ujarnya sembari menghimbau agar para buruh mendukung kebijakan pemerintah tentang larangan mudik di masa Pandemi Cobid-19.


Ketua Panitia May Day Sumut, Parulian Sinaga mengatakan di hari May Day ini, kami berharap kepada pemerintah untuk proaktif dalam hal aduan buruh tentang pelanggaran-pelanggaran serikat lainnya.


Ket: Foto Ketua Panitia May Day Sumut, Parulian Sinaga.

"Itu tetap jadi prioritas kami, walaupun dalam May Day ini tidak seperti biasanya dengan turun kejalan, tetapi lebih baik langsung. Kan juga kalau kami aksi turun ke jalan harus ada pejabat yang kami tuju.


Tetapi, sambungnya, dengan ada kegiatan seperti ini, kan juga ada orang yang kami tuju untuk menyampaikan aspirasi kami.


"Kami juga akan meminta pemerintah untuk mengawasi perusahaan-perusahaan yang kurang memperhatikan nasib buruhnya. Contoh, terkait pemberian upah," ujarnya.


Sementara itu, perwakilan serikat pekerja/buruh, CP Nainggolan mengatakan di hari May Day ini, kami meminta kepada pihak pemerintah untuk menolong kaum buruh agar permasalahan buruh dapat diselesaikan dan dapat membangun sinergitas yang baik.


"Kami 44 serikat buruh di Sumut meminta agar perusahan menstop PHK sepihak di masa Pandemi Covid-19 ini, dan perusahaan wajib memberikan Tunjangan Hari Raya ( THR) seminggu hari sebelum Hari H," ujarnya.


Senada dengan itu, Kadisnaker Provinsi Sumatera Utara, Baharuddin Siagian mengatakan kita juga sudah menyampaikan surat edaran Gubernur Sumatera Utara kepada Kabupaten/Kota diteruskan ke Perusahaan-perusahaan agar membayar THR itu tepat waktu yakni 7 hari sebelum lebaran karena itu sudah ada aturannya.


"Apabila perusahaan tidak mengindahkan hal ini, maka ada sanksinya sesuai peraturan perundang-undangan, dan kita akan segera melakukan langkah-langkah lainnya," tegasnya.


Ket Foto : Kadisnaker Provinsi Sumatera Utara, Baharuddin Siagian.

Selain itu, sambung Kadisnaker Sumut, para buruh juga meminta agar perusahaan tidak mem-PHK secara sepihak di masa Pandemi. 

"Ini betul sekali, karena semua itu harus bersinergi, artinya kita cari jalan keluar agar tidak ada pekerja/buruh yang di PHK sepihak," ujar Kadisnaker Sumut Baharuddin Siagian.


Usai menggelar berbuka puasa bersama, para perwakilan 44 Serikat Pekerja/Buruh Sumatera Utara melaksanakan kegiatan vaksin yang diikuti 100 orang.


Turut hadir dalam acara berbuka puasa bersama tersebut, Gubernur Sumatera Utara diwakili Kadisnaker Sumut Baharuddin Siagian, Kapolda Sumut diwakili Wakapolda Sumut, Brigjen Dadang Hartanto dan Dirintelkam Polda Sumut, Kombes Dwi Indra Maulana, Pangdam I/BB diwakili Kasi Intel I/BB Kolonel A. Panjaitan serta perwakilan 44 Serikat Pekerja/Buruh Sumatera Utara. (MC/DAF)


Share:
Komentar

Berita Terkini