-->
    |
Follow Us :

Pemerintah Akan Buka Formasi CPNS untuk Lulusan SMA, Cek Posisinya

Kali Dibaca

Ket Foto: Pemerintah Akan Buka Formasi CPNS untuk Lulusan SMA, Cek Posisinya

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo. (iNews.id)



Mediaapakabar.comPemerintah akan mengumumkan formasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada akhir bulan ini. Lowongan yang dibuka untuk CPNS mulai dari lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menilai, lulusan SMA dibutuhkan untuk posisi yang tidak memerlukan keahlian tertentu.


“Untuk SMA itu spesifik. Misal untuk sipir, penjaga tahanan atau penjaga rutan, itu tidak perlu keahlian yang khusus,” katanya dilansir dari iNews.id, Kamis (18/3/2021).


Kementerian Hukum dan HAM menjadi salah satu instansi yang membuka formasi bagi lulusan SMA sederajat. Pada 2019, jumlah lowongan mencapai 3.532 formasi dengan rincian sipir atau penjaga tahanan 2.875 dan pemeriksa keimigrasian pelaksana 657 formasi.


Instansi lain yang pada tahun 2019 juga membuka lowongan bagi lulusan SMA sederajat antara lain Kejaksaan Agung, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pertanian, Badan Intelijen Negara, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Selain lowongan jalur umum, lulusan SMA juga bisa menjadi CPNS melalui seleksi sekolah kedinasan yang berada di bawah Kemendagri hingga Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). (II/MC)

Komentar

Berita Terkini