Menlu China Ragukan Virus Corona Berawal dari Negaranya

armen
Jumat, 28 Agustus 2020 - 09:59
kali dibaca



Wang Yi (Foto: AFP)
Mediaapakabar.comChina menjadi sorotan terkait penyebaran wabah Covid-19 ke penjuru dunia sejak Januari 2020.Namun, Menteri Luar Negeri China Wang Yi meragukan kasus pertama virus corona berasal dari negaranya.

Pernyataan itu disampaikan Wang Yi dalam lawatan ke Norwegia, Kamis (27/8/2020), sebagai bagian dari turnya ke Eropa.

Menurut dia, belum jelas apakah virus corona pertama kali berasal dari China, setelah muncul laporan bahwa kasus juga terdeteksi di beberapa negara sebelum China pertama kali menginformasinya.

Meskipun China menjadi negara pertama yang melaporkan keberadaan virus mematikan tersebut ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Wang menegaskan bukan berarti virus berasal dari negaranya.

"Sebenarnya, selama beberapa bulan terakhir, kami melihat laporan, menunjukkan virus itu muncul di berbagai belahan dunia dan mungkin muncul lebih awal daripada di China," kata Wang, dikutip dari Reuters, Jumat (28/8/2020).

Otoritas kesehatan Kota Wuhan, China, melaporkan kasus pertama virus corona baru baru Desember 2019. Setelah itu kasus kematian pertama dikonfirmasi pada awal Januari 2020.

Di mana virus pertama kali bermula dan bagaimana itu dimulai harus diserahkan kepada para ilmuwan dan ahli medis. Seharusnya tidak dipolitisasi atau distigmatisasi. Siapa patient zero, masih belum diketahui," kata Wang.(inews.id)
Share:
Komentar

Berita Terkini