-->
    |
Follow Us :

Ketua Dekranasda Minta UMKM Taput Punya Kreatifitas dan Ciri Khas Produk Unggulan

Kali Dibaca
Ketua Dekranasda Taput Satika Simamora Foto bersama pemandu wisata kuliner di Salib Kasih

Mediaapakabar.com-Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Tapanuli Utara Ny Satika Nikson Nababan boru Simamora meminta pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mendesain produknya diperlukan kratifitas dan ciri khas.

Selain itu sinerginitas dan kerjasama yang baik sangat diperlukan guna memajukan dunia usaha untuk mendukung pariwisata Tapanuli Utara.

" Memajukan dunia pariwisata itu harus bersinergi antara pelaku dan dunia usaha, karena wisata pelakunya termasuk UMKM," papar Satika Simamora saat jadi narasumber dalam agenda pelatihan bagi pemandu wisata kuliner dan belanja di Pujasera Salib Kasih, Senin (3/8) 2020.

Satika menyebutkan produk UMKM baik makanan dan minuman yang dihasilkan pelaku Taput tidak kalah dari daerah lainnya.

" Kita ada kelemahannya yakni masih kurang menjaga kebersihan dan membuat kemasan agar menarik lagi," imbuhnya.

Ini sangat sejalan, sebut Satika, seluruh elemen terkait harus bersinergi dan tidak  boleh egois," Jika semua bergotong royong dan kerjasama, saya yakin pelaku wisata dan pelaku UMKM akan sejahtera. Dekranasda selaku perpanjangtanganan Pemerintah siap memfasilitasi," sebutnya.

Satika juga dalam kesempatan itu kepada pelaku UMKM dan wisata yang hadir khusus di tempat wisata harus berani menjual produknya.

" Bagaimana kita mau menjual produk kita sendiri bila kita tidak pede ataupun mengenakannnya terlebih dahulu. Seperti di Salib Kasih ini, kita pajang produk lokal namun dengan berbagai pilihan dan harga baik murah hingga mahal. Kita terangkan apa keistimewaan makanya harganya mahal karena itu hand made dikerjakan para pengerajin kita," paparnya.

Jadi sebut Satika tidak ada kebohongan dalam mengenalkan produk tersebut," Kejujuran dalam menjual maupun menceritakan suatu produk maupun tempat wisata itu sangat penting, hanya saja bila ada yang perlu dibenahi itu jadi tugas bersama," katanya.

Satika berharap kedepan apa yang disampaikan menjadi pegangan pelaku wisata dan UMKM.

" Jika kita punya kreatifitas dan kreasi serta ciri khas produk unggulan pasti akan mampu dan tidak kalah dengan produk unggulan luar ," pungkasnya. (ganda)

Komentar

Berita Terkini