Tim Pansus COVID-19 DPRD Sumut, Kunjungi Gugus Tugas Asahan

Media Apakabar.com
Jumat, 05 Juni 2020 - 12:38
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Tim II Panitia Khusus (Pansus) COVID-19 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) lakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Asahan, Jumat (05/06/2020) bertempat di sekretariat Gugus Tugas jalan Taufan Kisaran

Wakil Ketua Tim II Pansus COVID-19 DPRD Provsu, Ahmad Hadian, mengatakan tujuan kunjungan untuk melihat secara langsung kesiapan Pemerintah Kabupaten Asahan dan Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 dalam mengatasi dan menyikapi penyebaran wabah Corona Virus Disease (COVID) di Kabupaten Asahan.

"Kami ucapakan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan dan Pemerintah Kabupaten Asahan pada Kunker Kami hari ini di Kabupaten Asahan.

Wabah COVID-19 yang melanda bangsa kita saat ini sangat berpengaruh dan berdampak pada semua sektor. Karena pandemi Corona sangat berpengaruh dengan eksistensi akan kelangsungan bangsa kita, maka dari itu kami berharap Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara dapat menghadapi wabah COVID-19 dengan serius"ujar Ahmad Hadian.

Masih dikatakannya bahwa tim II Pansus COVID-19 DPRD Provsu memastikan semua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara telah melakukan tugasnya sesuai dengan fungsinya dalam penanganan pencegahan wabah COVID di wilayahnya masing-masing.

" Kunker yang kita lakukan hari ini untuk melihat dan mengetahui apa yang menjadi kendala bagi tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Asahan dalam menangani wabah pandemik Corona "sebut Ahmad diakhir penyampaianya.

Sementara itu ditempat yang sama Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan (Sekdakab) Taufik Zainal Abidin Siregar, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tim II Pansus COVID-19 DPRD Provsu di Kabupaten Asahan.

" Terkait wabah COVID-19, Kabupaten Asahan saat ini berada pada status Siaga Darurat. Dan untuk mengantisipasi penyebaran wabah COVID-19. Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19  dan Pemkab Asahan telah melakukan langkah-langkah dalam pencegahan penyebaran wabah COVID-19.

Kita telah membentuk Tim Gugus Tugas Percepatan COVID-19 sampai di tingkat Desa dan Puskesmas. Selain itu kita melakukan penyemprotan disinfektan serta memberikan himbauan kepada masyarakat secara rutin di desa maupun kelurahan setiap satu minggu sekali.

Kemudian kita melakukan pengecekan suhu tubuh bagi masyarakat yang akan masuk ke Kabupaten Asahan. Baik masyarakat dari luar kota maupun masyarakat yang datang dari luar negeri.

Apalagi masyarakat yang datang dari daerah pandemi COVID-19 Kita lakukan pemeriksaan kesehatan. 

Sementara Gugus Tugas Asahan juga telah menyiapkan tempat karantina bagi para pendatang bertempat di kolam renang milik Pemkab Asahan. Selain itu Kabupaten Asahan menyediakan Rumah Sakit rujukan COVID-19 di RSU HAMS Kisaran yang telah ditetapkan oleh Gubernur Sumatera Utara.

Masih dikatakan Sekda Taufik. Saat ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Asahan sedang melakukan tahap administrasi guna pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) warga Asahan yang berada di Malaysia. 

Oleh karena itu kami berharap kepada Tim II Pansus COVID-19 DPRD Provsu agar dapat membantu proses administrasi yang sedang kami lakukan saat ini.
"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provsu  yang telah memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat Kabupaten Asahan yang terkena dampak oleh wabah COVID-19"ujar Sekda mengakhiri penyampaianya..(Ed/Dp)


Share:
Komentar

Berita Terkini