|
Follow Us :

Siap-siap! Kapal Selam Generasi Ketiga China Diperkirakan akan Mengalami Lompatan Drastis

Kali Dibaca



Kapal selam kelas Shang
Mediaapakabar.com-Dua makalah penelitian China yang muncul pada awal April 2020 ini memberikan bukti lebih lanjut tentang perkembangan teknologi yang signifikan yang dapat dimasukkan dalam desain kapal selam nuklir China generasi berikutnya.

Makalah pertama berkaitan dengan optimalisasi peluncur rudal vertikal bawah laut sementara yang kedua terkait dengan analisis kebisingan dari pumpjet no-shaft.

Jika tulisan-tulisan ini mencerminkan teknologi untuk dimasukkan ke dalam generasi ketiga dari kapal selam bertenaga nuklir China, itu akan menunjukkan kemajuan yang jauh lebih besar daripada yang dicapai dalam kemajuan dari kapal selam generasi pertama ke generasi kedua, yaitu kapal selam serang nuklir Type 093 atau Shang dan kapal selam rudal balistik Tipe 094 atau Kelas Jin.

Sebagaimana dilaporkan Jane 10 April 2020, konsep operasi Angkatan Laut China untuk kapal selam nuklir dan serangan konvensional tampaknya memprioritaskan perang kapal anti-permukaan daripada perang anti-kapal selam, sehingga ada antisipasi luas bahwa generasi berikutnya yakni SSN Type 095 yang akan dilengkapi dengan peluncur vertikal untuk rudal jelajah anti-kapal dan mungkin juga rudal jelajah darat.

Kemampuan yang dimiliki SSN kelas Virginia Angkatan Laut Amerika, awalnya dikonfigurasikan dengan 12 tabung peluncuran vertikal individu dan yang terakhir dengan dua Tabung Payload Virginia yang mampu mendukung jumlah rudal yang sama, dipelajari dan dimodelkan secara luas di berbagai lembaga penelitian angkatan laut China dan dapat mempengaruhi desain Tipe 095.

Sementara pumpjet yang dimaksud dalam makalah kedua, yang diterbitkan dalam Journal of Ship Mechanics pada November 2018, adalah alternatif untuk baling-baling konvensional. Teknologi ini akan menjadikan kapal selam melaju lebih cepat dan lebih senyap.(Jejaktapak)

Komentar

Berita Terkini