|
Follow Us :

Gunakan Rapid Test, 2 Warga Asahan Berstatus PDP

Kali Dibaca
 Asahan H.Rahmat Hidayat Siregar, Selasa (7/4/2020) melalui siaran persnya di sekretariat Gugus Tugas Covid.

Mediaapakabar.com-Wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid19) kian terus merebak. Hari ini 2 (dua) warga Kabupaten Asahan ES dan istrinya NS warga Kecamatan Simpang Empat dinyatakan positif Pasien Dalam Pengawasan (PDP) oleh Tim Gugus Tugas Covid 19.

Penjelasan tersebut disampaikan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan  Covid 19 Kabupaten Asahan H.Rahmat Hidayat Siregar, Selasa (7/4/2020) melalui siaran persnya di sekretariat Gugus Tugas Covid.

"Ya,ada salah satu warga kita di Kabupaten Asahan bekerja sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara yang positif PDP dari virus Covid 19 setelah pulang dari Jakarta. "ujar Rahmat.

Dikatakan Rahmat,ES memiliki riwayat perjalanan baru kembali dari Jakarta. Dan  pada tanggal 16 Maret 2020,ES melakukan pengecekan kesehatannya di Rumah Sakit Haji Abdul Manan Simatupang (HAMS) Kisaran karena mengalami batuk.

Setelah 14 hari menjalani karantina mandiri dirumahnya. Pada tanggal 1 April 2020 hasil pemeriksaan kesehatan ES sudah keluar. Namun beliau baru datang kembali ke RS HAMS  pada tanggal 6 April 2020,bersama NS isterinya yang merasa demam.

Pada saat itu jugalah ES dan NS kembali melakukan pengecekan kesehatannya menggunakan alat Rapid Test.

" Dan hasil dari  rapid test itu, menyatakan ES dan NS postif PDP yaitu Pasien Dalam Pengawasan. Maksudnya mereka belum bisa dikatakan terinfeksi Corona. Sebab hasil rapid test keakuratannya 80 persen" sebut Rahmat.

Maka untuk itu ES dan NS kita sarankan untuk menjalani isolasi dan tadi malam jam 23.00 Wib sudah kita rujuk ke RS Mata Friska Medan.

"Nah, nanti di RS Mata Friska lah, ES dan NS akan menjalani test sweb yang akurasinya lebih akurat. Yang hasil testnya akan keluar. selama satu Minggu".

Hasil test tersebutlah yang akan menentukan ES dan NS postif Corona apa tidak" kata Jubir Dayat.

Untuk mengantisipasi hal itu, Ketua Tim Gugus Tugas Covid H.Surya telah mengambil langkah dengan memerintahkan Camat Simpang Empat, Kapolsek serta  Danramil untuk segera mengambil tindakkan.

Dengan segera dapat membersihkan areal sekitar rumah ES di Simpang Empat dan tempat usaha isterinya yang ada di Rahuning.

Selain itu hari ini juga, kita tim gugus tugas melakukan rapid test kepada sopir ES, keluarganya dan masyarakat yang sempat kontak serta berinteraksi dengan keduanya.
Oleh karena itu, Kami berharap masyarakat agar tetap tenang dan  jangan panik.Karena statusnya ES dan NS masih PDP. Dan kondisi kedua pasien saat ini secara fisik sehat, jelas Rahmat Hidayat.

Masih dikatakan Rahmat, saat ini status Kabupaten Asahan masih siaga darurat dan kegiatan masih tetap berjalan seperti biasanya.

Terkait beredarnya berita dan hasil diagnosa yang menyatakan warga Asahan positif Corona. Hasil itu bukan dari tim gugus tugas yang dapat dipertanggung jawabkan, papar Rahmat.

Lebih lanjut ,Rahmat mengatakan dalam melakukan pemeriksaan pasien Corona'. Tim medis kita telah dilengkapi dengan APD yang sesuai standart SOP." Hasil pendataan yang dilakukan oleh tim Surveilans.Di Kabupaten Asahan saat ini ada 105  ODP dan 2 orang positif PDP" ujar Jubir Rahmat..(dp/ed)
Komentar

Berita Terkini