|

Wagubsu Minta Warga Sumut Tak Timbun Masker-Sembako Gegara Panik Corona

Kali Dibaca
Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah (Ijeck).foto:int

Mediaapakabar.com-Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah (Ijeck) meminta warga Sumut tak panik gegara ada dua warga Depok, Jawa Barat, positif terjangkit virus corona atau Covid-19. Dia mengimbau warga tak menimbun masker ataupun sembako.

"Perlu juga kita menyampaikan kepada masyarakat kita menghadapi virus corona ini, tidak panik menimbun sembako, tidak panik juga membeli masker-masker. Tidak menimbun masker agar tidak menguntungkan secara pribadi," kata Ijeck dalam rapat koordinasi di Kantor Gubsu, Jalan Diponegoro, Medan, Selasa (3/2/2020).

Dia meminta jajarannya membuat call center agar warga mudah memberi informasi jika ada indikasi corona. Dia juga meminta rumah sakit siaga dan menyiapkan ruang khusus.

"Tolong dibuat juga call center kalau ada masyarakat yang mendapat informasi pasti ada yang terkena corona agar cepat kita menjemputnya. Walau kita pasti tidak berharap ada yang terkena, tapi pihak rumah sakit juga harus siap siaga dari awal, mempersiapkan ruangan jika ada yang terkena corona agar tidak digabungkan dengan pasien lain," tuturnya.

Selain itu, Ijeck juga mengimbau warga Sumut tak bepergian ke luar negeri, terutama wilayah yang terdapat pasien corona. Dia menyarankan warga menggunakan masker di lokasi yang terdapat banyak pendatang.

"Imbauan kita juga agar masyarakat tidak keluar negeri untuk daerah-daerah yang banyak atau ada terjangkit corona. Pakai masker juga kalau tau kita tempat itu banyak pendatang," ucapnya.

Sebelumnya, pemerintah mengatakan ada dua warga Depok yang positif corona dan sudah dirawat di RSPI Sulianti Saroso. Hal ini kemudian berdampak pada warga yang panik dan memborong sejumlah barang seperti sembako hingga masker.

Di Jakarta misalnya. Warga sempat terlihat memenuhi supermarket untuk belanja kebutuhan pokok. Salah satu alasannya gara-gara ada warga Depok positif corona. Stok masker hingga hand sanitizer di salah satu supermarket juga sempat kosong karena diborong warga.


Sumber : Detik.com

Komentar

Berita Terkini