Ternyata Ini 5 Alasan Gigi Harus Dicabut

armen
Minggu, 08 Maret 2020 - 09:05
kali dibaca




5 Alasan Gigi Harus Dicabut (JH Lee/Shutterstock)
Mediaapakabar.com-Kalau disuruh memilih, hampir semua orang pasti ingin mempertahankan gigi permanennya. Namun dalam kondisi tertentu, pencabutan gigi harus dilakukan. Secara medis, ada beberapa alasan gigi harus dicabut.


Pencabutan gigi adalah salah satu tindakan yang harus dipertimbangkan sebagai pilihan terakhir langkah perawatan gigi. Sebab, berkurangnya jumlah gigi bisa menyebabkan kebiasaan makan yang buruk dan penurunan kualitas hidup seseorang.

Manusia memiliki dua fase dalam pertumbuhan giginya, yaitu periode gigi sulung dan gigi permanen. Jika gigi permanen copot, gigi penggantinya tidak akan tumbuh kembali. Itulah kenapa gigi permanen harus dipertahankan sebaik mungkin.

Meski demikian, bila sudah tak ada lagi perawatan lain yang bisa dilakukan, tindakan pencabutan bisa menjadi solusi akhir yang tepat untuk mengatasi permasalahan gigi.


Alasan gigi harus dicabut
Gigi rusak parah
Jika kondisi tersebut ditangani lebih awal, mungkin gigi yang terdampak masih bisa diselamatkan. Dalam hal ini, umumnya prosedur saluran akar dapat membantu mengobati infeksinya.
Namun, jika infeksi sudah parah dan tidak bisa diatasi dengan pemberian obat dan tindakan lainnya, kemungkinan besar gigi tak lagi bisa dipertahankan. Maka pencabutan menjadi satu-satunya pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.


Penyakit periodontitis
Gingivitis disebabkan oleh bakteri yang ada di dalam plak gigi, yang terbentuk di gigi beberapa jam setelah makan.
Jika tidak diatasi dengan tepat, gingivitis akan menjadi lebih parah dan memengaruhi jaringan di sekitar gigi serta tulang alveolar. Kondisi tersebut dikenal sebagai periodontitis.
Bahkan dalam beberapa kasus, penyakit periodontitis dapat menyebabkan melonggarnya gigi, sehingga terkadang diperlukan perawatan pencabutan sebagai jalan keluar terbaik


Perawatan ortodontik
Pencabutan mungkin diperlukan sebelum melakukan perawatan ortodontik bila Anda memiliki gigi yang bertumpuk.


Gigi impaksi
Dokter gigi dapat merekomendasikan untuk melakukan pencabutan gigi. Tujuannya agar tidak menimbulkan rasa sakit dan merusak gigi yang lain.
Selain itu, kondisi ini juga dikaitkan dengan timbulnya komplikasi seperti nyeri, peradangan, hingga infeksi.


Gigi persistensi
Ada beberapa alasan gigi harus dicabut, yang semuanya tidak boleh dilakukan sembarangan. Diperlukan pemeriksaan oleh dokter gigi secara menyeluruh hingga akhirnya pencabutan menjadi jalan keluar terbaik. 


Bila tak ingin mengalaminya, jagalah gigi permanen sebaik mungkin dengan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, serta kontrol rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.




Sumber : Klikdokter.com




Share:
Komentar

Berita Terkini