Pemkab Dairi Melakukan Rapid Test Covid-19, Seluruhnya Negatif

Media Apakabar.com
Selasa, 31 Maret 2020 - 13:31
kali dibaca
Pemkab Dairi Melakukan Rapid Test Covid-19, Seluruhnya Negatif
Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu,Saat memberikan Arahanya Pada Rapid Tes Covid 19 diseluruh jajarannya.(foto.bob)

Mediaapakabar.com-Sebagai upaya sigap penanganan penyebaran virus covid-19, dan atas permintaan Bupati Eddy Berutu, Tim dokter dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara turun langsung ke Sidikalang beberapa hari lalu.

Tim ini dan Pemerintah Kabupaten Dairi telah melaksanakan rapid test Covid-19 kepada pejabat dan tenaga kesehatan yang diduga kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif covid-19.

"Ucapan syukur patut kita panjatkan kepada Tuhan atas hasil rapid test kepada pejabat, dokter dan paramedis kita yg selama pelayanan sempat berhubungan dengan warga suspect cofid-19 (OPD dan PDP) dan riwayat tracing kontaknya.

Hasil negatif rapid test juga pada Kepala Desa Belangmalum, dan saudara laki-lakinya PDP yg ODP.

Sekali lagi, Puji kepada Tuhan, hasilnya semua negative, ucap Bupati Eddy Berutu
“Dengan rapid test ini kita merasa lega selanjutnya bisa lebih akurat menetapkan protokol dan memberikan layanan pencegahan cofid-19. Namun kepada semua tetap dalam isolasi mandiri sampai 14 hari” ujar beliau.

Rapid test merupakan metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi yang akan dibentuk jika tubuh terpapar oleh virus corona.Seseorang yang pernah terpapar virus corona maka antibodinya akan terdeksi melalui rapid test ini.

Diperlukan waktu bagi tubuh dalam membentuk antibodi, yang dapat memakan waktu hingga beberapa minggu. Jadi, rapid test merupakan pemeriksaan untuk skrining awal.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengucapkan rasa terimakasih kepada para dokter dan paramedis sebagai gugus terdepan dalam mengatasi virus corona (covid-19) ini.
“Kepada para dokter dan paramedis. Kami Bangga atas dedikasimu untuk kemanusian”, ujar beliau.


Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nasional Bapak Doni Monardo dan Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi atas bantuan Rapid Test yang diberikan ke Kabupaten Dairi.

Kepada masyarakat disampaikan agar terus galang kewaspadaan, ikuti himbauan dan protokol dari Pemerintah melalui edaran dan aparat yg bekerja dilapangan.(Bob)

Share:
Komentar

Berita Terkini