|
Follow Us :

Mantap! Su-57 Felon Satu-Satunya Jet Tempur Yang Dilengkapi DIRCM, Alat Apa Ini ?

Kali Dibaca



Mediaapakabar.com-Salah satu fitur menarik dari Su-57 Felon yang tidak dimiliki jet tempur lain adalah 101KS-O DIRCM (Directed Infrared Counter Measures). Peralatan apa ini sebenarnya?

Konfigurasi Sukhoi Su-57 Felon adalah evolusi dari bentuk Su-27 yang disesuaikan dengan persyaratan visibilitas rendah dan kecepatan serta ketangkasan supersonik.
Menurut Sukhoi, penampang radar atau radar cross section (RCS) Su-57 berada pada angka rata-rata 0,3-0,4m2. Jauh jika  dibandingkan dengan Su-27 yang mencapai 15m2.
Seperti dijelaskan oleh Piotr Butowski dalam bukunya Russia’s Warplanes, Volume 1, solusi utama untuk mengurangi visibilitas radar adalah pengangkutan senjata secara internal.  Radar blocker mengurangi pantulan dari baling-baling saluran masuk engine dan dipasang di air intake.
Bentuk badan pesawat telah dipilih untuk mengurangi jumlah arah di mana gelombang elektromagnetik memantul dan untuk memastikan arah ini adalah yang paling aman.
Tindakan lain untuk menciptakan karakter siluman adalahb menyangkut peralatan pesawat tempur. Permukaan susunan radar NO36 dibelokkan dari bidang vertikal, sehingga mengabaikan radiasi radar musuh. Kubah-kubah array  mereka membiarkan sinyal mereka sendiri melewati dan memblokir frekuensi lain.
Selain itu, kompartemen untuk array ini memiliki lapisan penyerap radar di ujungnya untuk menyerap ‘gelombang aneh’  yang terjadi ketika gelombang diperkuat setelah beberapa refleksi dalam ruang tertutup.
Untuk mengurangi jumlah totalnya, array yang tersedia digunakan oleh banyak sistem secara bersamaan, misalnya, sistem radar, ECM dan IFF. Dalam sistem antenna-feeder, penggunaan antena tidak menonjol di luar kerangka badan pesawat, dan empennage vertikal berfungsi sebagai antena untuk rangkaian komunikasi.  Menara 101ST-V IRST diputar ke belakang  dan ditutupi dengan lapisan penyerap radar.
Fitur menarik dari Su-57 yang tidak dimiliki jet tempur lainnya adalah teluk senjata internal yang diatur secara longitudinal dan DIRCM 101KS-O (Directed Infrared Counter Measures).
Su-57 DIRCM terdiri dari dua menara pemancar laser, dengan satu ditempatkan di belakang kokpit di sisi punggung, dan yang lainnya di bawah kokpit di sisi perut.
“Secara teknis fitur ini terlihat pada pesawat bertenaga turbin lain,” Connor Dalton, peneliti pesawat dan insiden, mengatakan pada Quora. Tetapi tidak pernah muncul pada apa pun di luar pesawat angkut berat, dan helikopter sebelum Su-57.
DIRCM terdiri dari dua menara pemancar laser, dengan satu ditempatkan di belakang kokpit  dan yang lainnya di bawah kokpit. Ketika sebuah rudal IR ditemukan, laser dengan cepat mengarah ke sistem pencari rudal, membutakannya dan mencegahnya untuk dapat membimbing ke pesawat yang ditargetkan.
“Masalahnya, sistem sebelumnya tidak pernah terlihat di luar transportasi dan helikopter, dan hanya pernah ditempatkan di sisi ventral di masa lalu, sebagai pertahanan terhadap MANPADS.”
Sistem DIRCM ini yang pertama dimasukkan ke dalam pesawat tempur dan  juga salah satu sistem DIRCM pertama yang dibuat dengan tujuan melawan rudal udara ke udara.

Sumber :Flightzona.com
Komentar

Berita Terkini