|

Danau Toba, Destinasi Wisata yang Penuh Pesona

Kali Dibaca


Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara
Mediaapakabar.com-Berlibur ke Danau Toba akan semakin lengkap jika menyeberang ke Pulau Samosir. Pesonanya membuat danau terbesar se-asia tenggara ini diketahui banyak orang.

Danau Toba dapat diseberangi dari berbagai akses pelabuhan. Salah satu akses yang sering digunakan adalah dari Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.
Pulau Samosir dan Danau Toba menjadi destinasi wisata kebanggaan Sumatera Utara. 
Pulau Samosir yang berada di ketinggian 1.000 mdpl ini memang menyajikan panorama alam yang sejuk, indah, dan mempesona, tak hanya bagi traveler dalam negeri, tapi juga mancanegara. Tak heran, jika saat berjalan kaki di pulau ini, traveler akan kerap berpapasan dengan para traveler mancanegara. Mereka gemar berjalan kaki menyusuri jalanan berbukit di pulau ini.

Monumen Kapal Sinar Bangun di Pelabuhan Tigaras.
Untuk menuju Pulau Samosir, jika traveler mengaksesnya dari Kabupaten Simalungun, maka Pelabuhan Tigaras adalah akses yang terdekat. Dari pelabuhan ini, hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam menuju pulau tersebut. Pemandangan Danau Toba dari Pelabuhan Tigaras pun tak kalah indahnya. Danau yang kebiruan dan bukit-bukit yang hijau menjadi ciri khas pemandangan pelabuhan ini.
Pelabuhan Tigaras ini sempat menjadi perhatian pada pertengahan tahun 2018 lalu, karena KM Sinar Bangun yang tenggelam setelah berlayar dari Pelabuhan Simanindo. Setahun berlalu, kini telah berdiri sebuah monumen di Pelabuhan Tigaras untuk mengenang para korban tragedi tersebut. Bentuk monumen itu menyerupai kapal yang dibuat menyerupai KM Sinar Bangun yang tenggelam. Selain itu, di pelabuhan tersebut juga ada pesan-pesan semangat dan dukungan bagi keluarga korban dari warga dan sukarelawan.
Di sekitar pelabuhan ini, juga terdapat beberapa rumah makan dan toko sederhana yang dikelola warga lokal. Para traveler dapat mengisi perut atau menyiapkan perbekalan sebelum menyeberang ke Pulau Samosir. Tentu agar perjalanan mengarungi Danau Toba agar tetap menyenangkan. Tapi tetap perhatikan keselamatan, kebersihan, dan kenyamanan bersama dengan tidak membuang sampah sembarangan ya.

Sumber : Detik.com
Komentar

Berita Terkini